UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDAYAGUNAAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Muhammadiyah Surakarta I Cilacap)

Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Meningkatkan minat belajar Matematika yang dibatasi oleh perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi dan kesadaran siswa; 2). Mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika melalui pendayagunaan alat peraga. Subyek penerima tindakan a...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: FAJARWATI, NUR LAILA
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
English
English
English
English
English
English
منشور في: 2006
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/10836/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Meningkatkan minat belajar Matematika yang dibatasi oleh perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi dan kesadaran siswa; 2). Mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika melalui pendayagunaan alat peraga. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah I Cilacap yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil tindakan kelas adalah : 1). Peningkatan minat belajar matematika yang dibatasi dengan perasaan senang siswa mencapai 32 siswa (80 %); perhatian siswa mencapai 33 siswa (82,5 %); kemauan siswa mencapai 28 siswa (70 %); konsentrasi siswa mencapai 35 siswa ((87,5 %); kesadaran siswa mencapai 35 siswa (87,5 %); 2). Proses belajar dimulai dari : a). Menggunakan pola pembelajaran dengan kombinasi klasikal, kelompok, dan individual; b). Memberikan tujuan pembelajaran, inti materi ajar dan kegiatan yang akan dilakukan; c). Menyampaikan materi dengan pengoptimalan penggunaan alat peraga; d). Memberi petunjuk langkah-langkah pengerjaan pada soal yang dianggap sulit; e). Mengingatkan siswa untuk mengulangi materi ajar yang sudah dibahas; f). Mendorong semangat belajar siswa; g). Mengembangkan inisiatif siswa.