ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) AISY’AH KLATEN
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangibles secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak (RSIA) Aisy’ah Klaten dan untuk menganalisis faktor (variabel) yang paling dominan da...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English |
منشور في: |
2007
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/10813/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
الملخص: | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara variabel
reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangibles secara signifikan
terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak (RSIA) Aisy’ah
Klaten dan untuk menganalisis faktor (variabel) yang paling dominan dari dimensi
kualitas jasa Rumah Sakit Ibu Dan Anak (RSIA) Aisy’ah yang mempengaruhi
kepuasan pelanggan.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yakni apakah faktor dimensi
kualitas jasa yang terdiri dari reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan
tangibles berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Sakit Ibu Dan
Anak (RSIA) Aisy’ah Klaten?, dan Faktor (variabel) apakah yang paling
berpengaruh dari dimensi kualitas jasa Rumah Sakit Ibu Dan Anak (RSIA)
Aisy’ah terhadap kepuasan pelanggan?
Populasi dalam penelitian ini seluruh pelanggan pengguna jasa Rumah
Sakit Ibu Dan Anak (RSIA) Aisy’ah Klaten. Jumlah sampel sebanyak 100 orang.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier
berganda. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan pengaruh variabel
independen terhadap variabel dependen.
Hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,777 hal ini menunjukkan bahwa
sebesar 77,7% variasi variabel kepuasan pelayanan pasien dapat dijelaskan oleh
variabel dari dimensi service quality yaitu reliability (X1), responsiveness (X2),
assurance (X3), empathy (X4), dan tangible (X5), sedangkan sisanya 22,3%
dijelaskan oleh faktor-faktor yang lain di luar model
Pengujian terhadap masing-masing variabel adalah variabel reliability
diperoleh thitung 2,699 > ttabel 1,989, maka reliability berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Variabel responsiveness diperoleh thitung 2,666 >
ttabel 1,989 maka responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Variabel assurance diperoleh thitung 2,569 > ttabel 1,989, maka
assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel
emphaty diperoleh thitung 3,852 > ttabel 1,989, maka emphaty berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Dan variabel tangibles diperoleh thitung 2,326 > ttabel
1,989, maka tangibles berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Berdasarkan uji F untuk pengaruh secara bersama-sama, diperoleh Fhitung
sebesar 58,399 > Ftabel 2,37, maka variabel reliability, responsiveness, assurance,
empathy, dan tangible secara bersama-sama atau serentak berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Dengan melihat nilai koefisien regresi dapat diketahui bahwa koefisien
regresi variabel reliability = 0,245, responsiveness = 0,241, assurance = 0,221,
empathy = 0,242 dan tangible = 0,176 maka dapat disimpulkan bahwa variabel
yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel
reliability.
|
---|