ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA
Kualitas jasa merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam pemilihan produk jasa yang dapat memuaskan konsumen. Tercapainya kepuasan konsumen apabila kualitas produk jasa sesuai dengan yang diingkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas jas...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English |
出版: |
2007
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/10811/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Kualitas jasa merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam
pemilihan produk jasa yang dapat memuaskan konsumen. Tercapainya kepuasan
konsumen apabila kualitas produk jasa sesuai dengan yang diingkan konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas
jasa (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap
kepuasan konsumen, serta variabel yang berpengaruh dominan di antara tangible,
reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen
pengguna kartu Simpati. Penelitian dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner.
Populasi penelitian adalah seluruh pengguna kartu Simpati di Yogyakarta. Sampel
diambil sebanyak 100 orang dengan teknik aksidental sampling. Metode
pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, wawancaea, dan studi pustaka.
Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian asumsi klasik, analisis
regresi ganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan dari kualitas jasa yang terdiri dari tangible, reliability, responsive,
assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu Simpati di
Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh
nilai Fhitung > Ftabel (19,213 > 2,29) pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh
kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 50,5%, sedangkan 49,5%
lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini terbukti dari nilai
koefisien determinasi (R2) sebesar = 0,505. (2) Variabel reliability merupakan
variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Hal
ini dapat dilihat dari nilai thitung variabel reliability terhadap kepuasan konsumen
adalah paling besar (4,577) diterima pada taraf signifikansi 5%.
|
---|