MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini mer...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: EKAWATI , ATIEN DEWI
格式: Thesis
语言:English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10805/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Langkah-langkah penerapan pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran matematika kelas IV SD meliputi : a) tingkat mengobservasi, b) tingkat mengklasifikasi, c) tingkat memprediksi, d) tingkat mengukur, e) tingkat menyimpulkan, f) tingkat mengkomunikasikan, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan sampai 80%, 3) Prestasi belajar siswa dalam matematika mengalami peningkatan sampai 92,5%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.