PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang)

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika sampai 75%. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: APRIANI , KARLINA
Format: Thesis
Sprog:English
English
English
English
English
English
English
English
Udgivet: 2007
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/10788/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
Beskrivelse
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika sampai 75%. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri Kutoharjo VI telah mengalami peningkatan respon siswa terhadap matematika, yaitu: 1) kesiapan siswa menerima pelajaran dari 30,3% hingga meningkat mencapai 87,1%, 2) siswa yang membawa buku paket dari 21,2% hingga meningkat mencapai 83,9%, 3) siswa yang mempersiapkan tugas/ PR dari 66,7% hingga meningkat mencapai 87,1%, 4) siswa yang konsentrasi mengikuti kegiatan belajar mengajar dari 33,3% hingga meningkat mencapai 80,6%, serta 5) siswa yang mencatat hasil pembahasan dari 57,6%, hingga meningkat mencapai 93,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pola latihan interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon siswa mencapai 75%.