PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INQUIRY (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan di Kelas V SD Negeri Makamhaji 01 Kartasura Tahun Pelajaran 2005/2006)

Penelitian ini bertujuan: 1) menggambarkan tindak mengajar yang dilakukan guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan inquiry, 2) meningkatkan kreativitas siswa melalui pendekatan inquiry, 3) menggambarkan tanggapan guru terhadap pendekatan inquiry dalam pembelajaran matematika. Su...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: ROSMAWATI , ARI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/10787/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan: 1) menggambarkan tindak mengajar yang dilakukan guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan inquiry, 2) meningkatkan kreativitas siswa melalui pendekatan inquiry, 3) menggambarkan tanggapan guru terhadap pendekatan inquiry dalam pembelajaran matematika. Subyek pemberi tindakan adalah guru kelas V SDN Makamhaji 01, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V sejumlah 21 siswa, subyek yang membantu pelaksanaan adalah kepala sekolah dan peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, metode tes, catatan lapangan, tanggapan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi penyelidik. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) proses pembelajaran matematika melalui pendekatan inquiry: a. Guru melaksanakan apersepsi dengan memberikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari; b. Siswa belajar secara berkelompok, guru memfasilitasi dan memberikan batasan diskusi; c. Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil temuan; d. Guru memantapkan kesimpulan dan hasil temuan siswa; e. Guru memberikan motivasi, 2) Terdapat peningkatan kreativitas siswa, yaitu pada a. Ciri-ciri kepribadian 33,34%, b. Kemampuan umum sebesar 19,05%, c. Konsekuensi dalam memberikan jawaban sebesar 52,39%, d. Kemahiran dalam menyelesaikan masalah sebesar 57,14%, 3) Guru memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan proses inquiry dan proses inquiry ini menciptakan budaya belajar yang baru bagi siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 57,15%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan inquiry dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas siswa.