HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi hitung dan kema...

Deskribapen osoa

Gorde:
Xehetasun bibliografikoak
Egile nagusia: AYUNINGTYAS , ATIKA
Formatua: Thesis
Hizkuntza:English
English
English
English
English
English
Argitaratua: 2007
Gaiak:
Sarrera elektronikoa:https://eprints.ums.ac.id/10786/
Etiketak: Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
Deskribapena
Gaia:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Cilacap kelas 1 tahun ajaran 2006/2007 dengan populasi 240 siswa, sampel penelitian ini 41 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling terhadap kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi berganda dengan dua prediktor. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, keberartian dan independensi. Dari hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5 % dapat diketahui: 1) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,613, 2) ada hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,605, 3) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan Fhitung = 5,979. Dari hasil analisis didapat sumbangan tiap-tiap prediktor adalah sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif pemahaman operasi hitnug (SR) = 50,2 % dan sumbangan efektif (SE) = 12,01 %. 2) Sumbangan relatif kemampuan membuat model matematika (SR) = 49,8 % dan sumbangan efektif (SE) = 11,93 %.