HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi hitung dan kema...
Gespeichert in:
1. Verfasser: | |
---|---|
Format: | Abschlussarbeit |
Sprache: | English English English English English English |
Veröffentlicht: |
2007
|
Schlagworte: | |
Online Zugang: | https://eprints.ums.ac.id/10786/ |
Tags: |
Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
|
Zusammenfassung: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara
pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2)
hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan
menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi
hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan
menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1
Cilacap kelas 1 tahun ajaran 2006/2007 dengan populasi 240 siswa, sampel
penelitian ini 41 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling
terhadap kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Analisis data
menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi berganda dengan dua
prediktor. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, keberartian dan independensi.
Dari hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5 % dapat diketahui: 1) ada
hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan
soal cerita dengan thitung = 2,613, 2) ada hubungan antara kemampuan membuat
model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung =
2,605, 3) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan
membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita
dengan Fhitung = 5,979. Dari hasil analisis didapat sumbangan tiap-tiap prediktor
adalah sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif pemahaman operasi hitnug (SR) =
50,2 % dan sumbangan efektif (SE) = 12,01 %. 2) Sumbangan relatif kemampuan
membuat model matematika (SR) = 49,8 % dan sumbangan efektif (SE) = 11,93
%.
|
---|