PENGARUH METODE INKUIRI DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH X SURAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika, siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode inkuiri dengan siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: Afriyani, Anita Dewi
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2007
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/10777/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika, siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode inkuiri dengan siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah X Surakarta sebanyak 78 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa. Sebelum dikenai perlakuan kedua kelas tersebut diserasikan dengan uji beda mean yang berdasarkan nilai raport kelas VII semester II. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 3,627 sedangkan ttabel = 1,645 sehingga ada perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode inkuiri dengan metode ekspositori. Untuk mengetahui mana yang lebih baik dapat ditentukan dari nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode inkuiri sebesar 6,147 dan menggunakan metode ekspositori sebesar 4,833, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil prestasi belajar siswa yang menggunakan metode inkuiri lebih baik dari pada menggunakan metode ekspositori.