PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTsN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2005/2006

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil b...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: FATMAWATI , RINI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2006
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10775/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun Ajaran 2005/2006 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah 320 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive proporsional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 9,77 > Ftabel = 3,150, (2) Terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika dengan thitung = 4,400 > Ftabel = 1,96, (3) Terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika dengan thitung= 5,104 Ftabel = 1,96. Kontribusi efektif kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 10,21% dan bimbingan belajar orang tua di rumah sebesar 14,04%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.