PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta)

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Komumikasi Interaktif, 2) Mengetahui peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif, 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam usaha peningk...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: PURWANI , ENDANG
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10772/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Komumikasi Interaktif, 2) Mengetahui peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif, 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam usaha peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SD 3 AI-Islam Gebang sebagai subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah dan peneliti sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas IV SD 3 AI-Islam Gebang, tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 38 siswa sebagai subjek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru Matematika, dan kepala sekolah. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran matematika untuk menciptakan interaksi yang baik dengan siswa dan untuk menghindari dominasi guru dalam kegiatan belajar mengajar; 2) Adanya peningkatan kemandirian siswa sebelum diadakan tindakan sebesar 23,68%, kemudian setelah diadakan tindakan meningkat menjadi 84,21%; 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru matematika keterbatasan alat peraga, proses pembelajaran yang membutuhkan waktu, yang relatif lama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Komunikasi Interaktif dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar Matematika.