PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PETA KONSEP (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD 3 AL-ISLAM GEBANG)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui pendekatan peta konsep. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VI SD 3 AL-ISLAM GEBANG sebagai subyek pemberi tindakan. Kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: Budiyanti, Ana Rahmi
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2007
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/10771/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui pendekatan peta konsep. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VI SD 3 AL-ISLAM GEBANG sebagai subyek pemberi tindakan. Kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Siswa kelas VI SD 3 AL-Islam Gebang, Surakarta tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 35 siswa sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan keaktifan siswa pada putaran I sebanyak 12 siswa (34,29%), pada putaran II sebanyak 20 siswa (57,14%), dan pada putaran III meningkat sebanyak 27 siswa (77,14%), kemamdirian siswa pada putaran I sebanyak 11 siswa (31,43%), pada putaran II sebanyak 16 siswa (45,71%), dan pada putaran III meningkat sebanyak 23 siswa (65,71%), serta peningkatan kemampuan siswa pada putaran I sebanyak 13 siswa (37,14%), pada putaran II sebanyak 22 siswa (62,86%) dan pada putaran III meningkat sebanyak 26 siswa (74,29%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pendekatan peta konsep dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.