PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PETA KONSEP (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD 3 AL-ISLAM GEBANG)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui pendekatan peta konsep. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VI SD 3 AL-ISLAM GEBANG sebagai subyek pemberi tindakan. Kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10771/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji peningkatan
motivasi belajar matematika siswa melalui pendekatan peta konsep. Subyek
penelitian adalah guru matematika kelas VI SD 3 AL-ISLAM GEBANG sebagai
subyek pemberi tindakan. Kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam
perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Peneliti sebagai subyek yang
melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan
kesimpulan. Siswa kelas VI SD 3 AL-Islam Gebang, Surakarta tahun ajaran
2006/2007 yang berjumlah 35 siswa sebagai subyek penelitian yang menerima
tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan
lapangan, dokumentasi dan review. Analisis data pada penelitian ini menggunakan
analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga
putaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan keaktifan siswa pada
putaran I sebanyak 12 siswa (34,29%), pada putaran II sebanyak 20 siswa
(57,14%), dan pada putaran III meningkat sebanyak 27 siswa (77,14%),
kemamdirian siswa pada putaran I sebanyak 11 siswa (31,43%), pada putaran II
sebanyak 16 siswa (45,71%), dan pada putaran III meningkat sebanyak 23 siswa
(65,71%), serta peningkatan kemampuan siswa pada putaran I sebanyak 13 siswa
(37,14%), pada putaran II sebanyak 22 siswa (62,86%) dan pada putaran III
meningkat sebanyak 26 siswa (74,29%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa
melalui pendekatan peta konsep dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. |
---|