EFEKTIVITAS PERMAINAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian, untuk mengetahui apakah permainan matematika dapat meminimalisasi kesulitan belajar siswa pada pokok baha...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: RUSTIANA, AULIA
Formato: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
Publicado: 2007
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/10750/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian, untuk mengetahui apakah permainan matematika dapat meminimalisasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan perkalian dan pembagian dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar yang menggunakan permainan matematika dengan belajar siswa yang tidak menggunakan permainan matematika.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III semester II SD Negeri Bebel 01 Kabupaten Pekalongan. Banyaknya sampel yang diambil adalah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menerima materi yang diberikan.Teknik analisis datanya menggunakan rumus t-tes yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari perhitungan diperoleh harga thitung = 3,711, sedangkan ttabel =1,96, sehingga terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar yang menggunakan permainan matematika dengan prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan permainan matematika. Hal ini juga didukung mean kelompok eksperimen = 6,77 > mean kelompok kontrol = 5,617, maka pemecahan kesulitan belajar berupa permainan matematika dapat meningkatkan prestasi belajar dan meminimalisasi kesulitan belajar siswa pokok bahasan perkalian dan pembagian. Berarti pemecahan kesulitan belajar berupa permainan matematika lebih efektif dibandingkan pengajaran konvensional.