MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 1 Tawangmangu. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas...

Deskribapen osoa

Gorde:
Xehetasun bibliografikoak
Egile nagusia: MARYADI, SINGGIH
Formatua: Thesis
Hizkuntza:English
English
English
English
English
English
English
Argitaratua: 2007
Gaiak:
Sarrera elektronikoa:https://eprints.ums.ac.id/10744/
Etiketak: Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
Deskribapena
Gaia:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 1 Tawangmangu. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen yang berjumlah 39 siswa dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa yang terus diambil dengan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode : observasi, tes, dokumentasi. Untuk melakukan uji coba instrumen validitas dan reliabilitas yang bertujuan untuk mengukur bentuk soal sehingga tidak menyimpang dari gambaran variabel yang dimaksud. Sebelum dilakukan persyaratan uji analisis yang meliputi : uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesa dengan uji t pada taraf signifikasi 5%. Dari hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan yang dilakuakan antara Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dengan Model Pembelajaran Konvensional, dengan tHitung = 3,76 > tTabel = 1,960. sehingga dapat dikatakan model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan prestasi siswa.