PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa trehadap prestasi belajar matematika. (3) Ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English |
Được phát hành: |
2007
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/10742/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa trehadap prestasi belajar matematika. (3) Ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran dan
kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran tahun ajaran 2006/ 2007 berjumlah 320 siswa. Dengan sampel 80 siswa terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol
masing-masing sebanyak 40 siswa, yang diambil secara random sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis variansi dua jalan
dengan sel tak sama. Sebelum data dianalisis dilakukan persyaratan uji analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian, untuk α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, ditunjukkan oleh FA = 11,804
> Ftabel = 4,000. (2) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh FB = 7,361 > Ftabel = 3,150. (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika secara bersamaan, ditunjukkan oleh nilai FAB = 0,343 < Ftabel = 3,150. |
---|