PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (3) pengaruh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kela...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: RAHMAWATI, LIA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10710/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (3) pengaruh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian termasuk jenis penelitian asosiatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Sedangkan sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, regresi sederhana dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien variabel motivasi berprestasi sebesar 0,126 dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Variabel motivasi berprestasi memberikan kontribusi sebesar 34,3% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien variabel kemandirian belajar sebesar 0,116 dengan pvalue = 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Variabel kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 20,8% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (3) Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Kontribusi variabel motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 55,1%.