PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MATERI MENULIS HURUF BALOK DAN LATIN PADA SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI GONDANGSARI 04 KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui langkah-langkah dalam proses pengajaran menulis huruf pada siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Gondangsari 04, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten; dan (2) mengetahui faktor-faktor yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran menulis pada sis...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: SRIYANTO , SRIYANTO
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
English
English
English
English
English
Almmustuhtton: 2007
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/10699/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui langkah-langkah dalam proses pengajaran menulis huruf pada siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Gondangsari 04, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten; dan (2) mengetahui faktor-faktor yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran menulis pada siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Gondangsari 04, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten dapat berhasil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian proses pengajaran menulis huruf pada siswa kelas I di Sekolah Dasar. Sumber data diperoleh dari siswa kelas I SD Gondangsari 04 Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data menggunakan simak dan teknik catat. Analisis data dengan teknik deskriptif kualitatif. Simpulan hasil penelitian, yaitu: (1) Langkah-langkah dalam proses pengajaran menulis huruf pada siswa kelas, pembuatan rencana Proses Belajar Mengajar (PBM), langkah kedua proses PBM, langkah ketiga evaluasi, dan penilaian. (2) Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran menulis di Kelas I SD meliputi: (a) konsentrasi dan minat anak, (b) penguasaan guru dalam metode dan sikap saat pembelajaran, dan sarana dan prasarana pembelajaran yang menunjang kebrehasilan pembelajaran.