ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT Pabelan Surakarta” yang bertujuan untuk mengetahui apakah periklanan, promosi, personal selling dan publisitas secara signifikan berpengaruh terhadap volume penjualan. Metode analisis yang digunakan dala...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English |
出版: |
2007
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/10692/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Promotional Mix Terhadap
Volume Penjualan Pada PT Pabelan Surakarta” yang bertujuan untuk mengetahui
apakah periklanan, promosi, personal selling dan publisitas secara signifikan
berpengaruh terhadap volume penjualan.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi
linier berganda dengan menggunakan data yang diperoleh dari PT. Pabelan
Surakarta. Data yang diperoleh di estimasi menjadi valid, maka dilakukan
pengujian statistik yang meliputi uji regresi linier berganda, uji F, uji t dan R2
(koefisien determinasi).
Variabel-variabel yang mempengaruhi periklanan, promosi, personal
selling dan publisitas adalah berpengaruh positif terhadap volume penjualan pada
α = 5%. Dari hasil analisis regresinya diperoleh persamaan Y = -785533 +
0.115X1 + 0.675X2 + 0.128X3 - 0.137X4.
Dari uji t-test, untuk variabel periklanan diperoleh dari t hitung = 2,443 >
t tabel = 2.160, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara biaya
periklanan terhadap volume penjualan, variabel promosi penjualan diperoleh
hasil dari t hitung = 3,024 > t tabel = 2.160, menunjukkan ada pengaruh yang
signifikan antara biaya personal selling terhadap volume penjualan, variabel
personal selling diperoleh hasil dari t hitung = 2,416 > t tabel = 2.160, menunjukkan
ada pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap volume penjualan,
variabel publisitas diperoleh hasil dari t hitung = -1,005 < -t tabel = 2.160,
menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan antara biaya publisitas terhadap
volume penjualan.
Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,985 atau sebesar 98,5%.
Sedangkan sisanya yaitu sebesar 1,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar
variabel tersebut. Dengan menggunakan derajat keyakinan 95%, maka diperoleh
nilai F tabel sebesar 3,41. Sedangkan nilai F hitung diketahui sebesar 207,337.
Tampak nilai F-hitung (207,337) lebih besar dari F-tabel (3,41). Oleh karena itu
nilai F-hitung lebih besar dari nilai F tabel, maka Ho ditolak, sehingga dapat
disimpulkan bahwa semua variabel independen yang terdiri dari periklanan,
promosi, personal selling dan publisitas berpengaruh terhadap volume penjualan
di PT. Pabelan. Dengan hasil tersebut, maka penelitian ini cukup baik digunakan
dan dipergunakan untuk penelitian berikutnya.
|
---|