PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA...

ver descrição completa

Na minha lista:
Detalhes bibliográficos
Autor principal: Ningsih, Efi Istia
Formato: Tese
Idioma:English
English
English
Publicado em: 2007
Assuntos:
Acesso em linha:https://eprints.ums.ac.id/10689/
Tags: Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
Descrição
Resumo:Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA dan ID diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segitiga. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai mid semester genap yang digunakan untuk uji keseimbangan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji keseimbangan menggunakan uji F, dengan taraf signifikansi 5 % diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama atau seimbang dengan Fhitung = 1,1412 . Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Barlett untuk uji homogenitas, setelah uji prasyarat analisis dipenuhi, dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran terbimbing dan metode bermain terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 2,108. Karena thitung = 2,108 > ttabel = 1,991 maka Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran terbimbing dengan metode bermain lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Pengaruh, Pembelajaran - Terbimbing, Metode – Bermain, Prestasi - Belajar.