PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA...
Guardat en:
Autor principal: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Idioma: | English English English |
Publicat: |
2007
|
Matèries: | |
Accés en línia: | https://eprints.ums.ac.id/10689/ |
Etiquetes: |
Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
|
Sumari: | Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran
2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA
dan ID diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika pada pokok
bahasan segitiga. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama
siswa dan nilai mid semester genap yang digunakan untuk uji keseimbangan
antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji keseimbangan menggunakan uji F,
dengan taraf signifikansi 5 % diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol
mempunyai kemampuan awal yang sama atau seimbang dengan Fhitung = 1,1412 .
Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat
analisis yang meliputi metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Barlett
untuk uji homogenitas, setelah uji prasyarat analisis dipenuhi, dilakukan
pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan
taraf signifikansi 5% diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran
terbimbing dan metode bermain terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung =
2,108. Karena thitung = 2,108 > ttabel = 1,991 maka Ho ditolak. Sehingga dapat
dikatakan model pembelajaran terbimbing dengan metode bermain lebih baik dari
model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Pengaruh, Pembelajaran - Terbimbing, Metode – Bermain, Prestasi -
Belajar. |
---|