PENGARUH PERIKLANAN, PERSONAL SELLING, PROMOSI PENJUALAN DAN PUBLISITAS TERHADAP VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR SUZUKI PADA CV. ADI PUTRA MOTOR UNGTER SUKOHARJO
Penelitian ini membahas bidang pemasaran khususnya pada kegiatan promosi pengaruhnya terhadap volume penjualan di CV. Adi Putro Motor Sukoharjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh promosional mix yaitu periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10688/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini membahas bidang pemasaran khususnya pada kegiatan
promosi pengaruhnya terhadap volume penjualan di CV. Adi Putro Motor
Sukoharjo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh
promosional mix yaitu periklanan, personal selling, promosi penjualan dan
publisitas terhadap volume penjualan CV. Adi Putro Motor?; dan 2) Promosional
mix manakah yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap volume
penjualan pada CV. Adi Putro Motor?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh periklanan,
personal selling, promosi penjualan dan publisitas terhadap volume penjualan;
2) Mengidentifikasikan faktor promosional mix yang dominan berpengaruh
terhadap volume penjualan.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Di duga bahwa periklanan,
personal selling , promosi penjualan dan publisitas mempunyai pengaruh terhadap
volume penjualan; 2) Di duga bahwa promosi penjualan berpengaruh secara
dominan terhadap volume penjualan. Alat analisis data yang digunakan adalah:
analisis regresi berganda, uji t, uji f, uji R2, uji asumsi yang terdiri dari: uji
autokorelasi, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan normalitas.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan : 1) Berdasarkan hasil uji t
diketahui bahwa dari variabel periklanan, promosi penjualan dan publisitas
berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan, sedangkan untuk
variabel personal selling tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
volume penjualan; 2) Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung sebesar 201,829 dan Ftabel
sebesar 5,190 sehingga Fhitung (201,829) > Ftabel (5,190) berarti H1 ditolak, maka
variabel periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas
berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan; 3) Berdasarkan hasil analisis
data diperoleh R² sebesar 0,994 ini menunjukkan bahwa variabel periklanan,
personal selling, promosi penjualan, dan publisitas mempunyai kontribusi
pengaruh terhadap variabel volume penjualan sebesar 99,4%. Sedangkan sisanya
sebesar 0,60% mendapat kontribusi dari variabel lain yang tidak terdapat di dalam
model atau tidak penulis teliti, dengan demikian penggunaan variabel independen
(periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas) dalam
mempengaruhi volume penjualan pada penelitian ini sudah tepat. |
---|