PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap prestasi belajar ekonomi, mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Surakarta tahun pelaj...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: WULANSARI , IDA
格式: Thesis
语言:English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10685/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap prestasi belajar ekonomi, mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Penelitian mengambil lokasi di MAN 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPS MAN 1 Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik cluster random sampling. Data yang digunakan diperoleh melalui angket. Angket yang digunakan sebelumnya diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasarat analisis normalitas dan linieritas kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa tipe kepribadian dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi persamaan regresi : Y = 39,334 + 0,481 x1 + 0,293 x2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 18,387 > 4,21 ( pada taraf signifikansi 5 %) berarti antara tipe kepribadian dan kretivitas siswa secara bersama-sama berpengruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Uji t untuk variabel tipe kepribadian diperoleh thitung > ttabel atau 4,124 > 2,041( pada taraf signifikansi 5 %) dan untuk variabel kreativitas siswa diperoleh thitung > ttabel 2,122 > 2,041 (pada taraf signifikansi 5 %), dari kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,577 ini menunjukan bahwa variabel tipe kepribadian dan kreativitas siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 57,7 %. Sedangkan sisanya sebesar 42,3 % dipengruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model penelitian ini. Sumbangan relatif untuk variabel x1 = 62,81 % dan untuk x2 = 37,19 % dan sumbangan besarnya sumbangan efektif untuk x1 = 36,24% dan untuk x2 = 21,46 %.