LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kosa kata dalam lagu anak-anak yang dipelajari oleh anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri, (2) mengetahui pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosakata di Taman Kanak-kan...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English English English English |
প্রকাশিত: |
2007
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/10672/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
সংক্ষিপ্ত: | Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kosa kata dalam
lagu anak-anak yang dipelajari oleh anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma
Wanita Sendhangmulya Wonogiri, (2) mengetahui pemanfaatan lagu anak-anak
sebagai media pembelajaran kosakata di Taman Kanak-kanak (TK), dan (3)
mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosakata anak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek
penelitian lagu anak-anak sebagai sumber pembelajaran kosakata anak TK.
Sumber data diperoleh dari anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma
Wanita Sendhangmulya Wonogiri. Teknik dan instrumen pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, catat, dan rekam. Analisis data dengan teknik
teknik padan.
Hasil penelitian dapat diperoleh suatu simpulan: (1) bentuk-bentk kosakata
yang diperoleh oleh anak TK berbentuk kata dasar dan kata jadian. Adapun kata
dasar yang diperoleh dalam bentuk sukukata; (2) pemanfaatan lagu anak-anak
sebagai media pembelajaran kosa kata di Taman Kanak-kanak (TK) dipergunakan
sebagai: a) kemampuan berbahasa, b) keterampilan berbahasai, dan c)
meningkatkan interaksi sosial; (3) faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan kosa kata anak dengan media syair lagu anak-anak, yaitu:
intelegensi, jenis disiplin, posisi urutan anak, status sosial ekonomi, dan
lingkungan keluarga. |
---|