PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Wanadadi Banjarnegara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Angket dilakukan pada siswa dengan s...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: MUBAROK, M. ZAKI
Format: Thesis
Jezik:English
English
English
English
English
English
Izdano: 2007
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/10627/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Wanadadi Banjarnegara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Angket dilakukan pada siswa dengan sampel para siswa. Data yang dikumpulkan adalah data primer berupa angket. Data diolah menggunakan program SPSS for Windows V. 11.5. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas dan data terdistribusi normal. Pengujian hipotesis penelitian ini dengan persamaan Regresi Linier Berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hipotesis pertama yang menyebutkan ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa terbukti dengan ditunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 2.713, diperkuat perhitungan nilai t X1 sebesar 4.004 sementara t tabel sebesar 2.000 atau (4.004 > 2.000) dengan nilai signifikansi sebesar 0.011<0.05. Hipotesis kedua yang menyebutkan ada pengaruh kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa terbukti dengan ditunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 1.705, diperkuat perhitungan nilai t X2 sebesar 3.371 sementara t tabel sebesar 2.000 atau (3.371 > 2.000) dengan nilai signifikansi sebesar 0.022<0.05. Hipotesis ketiga yang menyebutkan ada pengaruh perhatian orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa terbukti dengan ditunjukkan nilai Fhitung adalah 3.995 dan Ftab adalah 3.15 jadi 3.995 > 3.15 dengan tingkat signifikansi 0.006 < 0.05, ini berarti Ho ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Kelengkapan Sarana Belajar bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa.