IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUTOWINANGUN

Dalam tesis ini yang berjudul IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUTOWINANGUN, dengan melalui penelitian yang bertujuan apakah pada MAN Kutowinangun kedudukan pembelajaran aqidah akhlak dapat berfungsi dalam kehidupan se...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: SLAMET, SLAMET
Formaat: Thesis
Taal:English
English
Gepubliceerd in: 2005
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/10626/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Dalam tesis ini yang berjudul IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUTOWINANGUN, dengan melalui penelitian yang bertujuan apakah pada MAN Kutowinangun kedudukan pembelajaran aqidah akhlak dapat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang muslim, dan bagaimana pembelajaran aqidah akhlak dalam hubungannya dengan tingkat kedisiplinan siswa. Dan upaya-upaya apa yang telah ditempuh oleh madrasah dalam mengimplementasikan pembelajaran aqidah akhlak dalam hubungannya dengan tingkat kedisiplinan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Kutowinangun dengan sasaran pengimplementasian pembelajaran aqidah akhlak dalam hubungannya dengan kedisiplinan siswa yang dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi artinya penulis melihat langsung pada kegiatan di lingkungan madrasah. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara, pemberian kuisioner pada 82 (delapan puluh dua) orang siswa/ siswi dan dilengkapi dengan penggunaan dokumentasi maupun catatan- catatan lapangan. Dari hasil penelitian di atas telah dapat memberi jawaban bahwa siswa Madrasah Aliyah Negeri Kutowinangun telah memiliki aqidah yang kuat dan sekaligus telah memberi bukti, dengan pengimplementasiannya pada kedisiplinan siswa dengan melalui pembelajaran aqidah akhlak yang pelaksanaannya telah digerakkan oleh kepala madrasah, seksi agama, guru, pegawai yang didukung dengan sarana dan prasarana madrasah.