HUBUNGAN ANTARA MINAT MENJADI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH MICRO TEACHING (Penelitian Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS Angkatan 2004)

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan minat menjadi guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah mirco teaching (Penelitian pada mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi angkatan 2004). Dalam penelitian ini populasi yang akan di teliti adalah seluruh maha...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: KUNDORI., KUNDORI.
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2007
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/10515/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan minat menjadi guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah mirco teaching (Penelitian pada mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi angkatan 2004). Dalam penelitian ini populasi yang akan di teliti adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2004 yang ber jumlah 129 orang dan mengigat populasi lebih dari 100, maka penelitian ini mengunakan proporsional random sampling yang di ambil sampel sebanyak 97 mahasiswa. Sampel diperoleh dengan menggunakan table krijcle dangan taraf kepercayaan 95%. Pengumpulan data minat menjadi guru, motivasi belajar dengan menggunakan angket, sedangkan prestasi belajar mata kuliah mikro di peroleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data munggunakan, regresi linier berganda, uji t dan uji F. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian adalah: (1) persamaan regresi penelitian Y = 37,566 + 0,714 X1 + 1,365 X2, persamaan tersebut terlihat bahwa koefisien X1 memiliki tanda positif (+), tanda positif pada koefisien regresi X1 tersebut memberikan arti bahwa setiap kenaikan variabel X1 akan diikuti oleh kenaikan pada variabel Y, dan sebaliknya bila terjadi penurunan pada variabel X1 akan mengakibatkan penurunan pada variabel Y. Koefisien X2 juga memiliki tanda positif (+), yang berarti juga kenaikan variabel X2 akan diikuti oleh kenaikan pada variabel Y, dan sebaliknya bila terjadi penurunan pada variabel X2 akan mengakibatkan penurunan pada variabel Y. (2) Uji t menunjukkan thitung minat menjadi guru 3,396 dan thitung motivasi belajar 5,973 dengan ttable 1,960, karena thitung > ttable maka minat menjadi guru dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata kuliah Micro Teaching. (3) Uji F diperoleh Fhitung 39,852 dan F tabel 3,07 karena Fhitung > Ftabel, maka disimpulkan minat menjadi guru dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata kuliah Micro Teaching. (4) minat menjadi guru memberikan sumbangan relatif sebesar 35,27% dan sumbangan efektif sebesar 16,18% dan motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 64,73% dan sumbangan efektif sebesar 29,71%, dengan demikian variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar matakuliah micro teaching dibandingkan variabel minat menjadi guru. (5) pengaruh besarnya variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 45,9%, yang berarti 45,9% pengaruh minat menjadi guru dan motivasi belajar, sedangkan sisanya sebesar 54,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Micro Teaching