PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2006/2007
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2006/2007, 2) Pengaruh tingkat intelligence quotient terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa...
Gorde:
Egile nagusia: | |
---|---|
Formatua: | Thesis |
Hizkuntza: | English English English English English English English English |
Argitaratua: |
2007
|
Gaiak: | |
Sarrera elektronikoa: | https://eprints.ums.ac.id/10470/ |
Etiketak: |
Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
|
Gaia: | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap
prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran
2006/2007, 2) Pengaruh tingkat intelligence quotient terhadap prestasi belajar mata pelajaran
Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2006/2007, 3) Pengaruh
kedisiplinan belajar siswa dan tingkat intelligence quotient terhadap prestasi belajar mata
pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2006/2007.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel kedisiplinan
belajar (X1) dan tingkat inteligence quotient (X2) sebagai variabel bebas, dan prestasi belajar
ekonomi (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan
angket. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang tingkat intelligence quotient dan
prestasi belajar ekonomi serta gambaran umum obyek penelitian. Metode angket digunakan
untuk mengetahui data tentang kedisiplinan belajar. Sedangkan analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji t.
Berdasarkan analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa : 1) Kedisiplinan belajar
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP Negeri 2
Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 31,95%, 2) Tingkat
intelligence quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada
siswa SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi
sebesar 18,83%, 3) Kedisiplinan belajar dan tingkat intelligence quotient berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo Tahun
Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 50,79%. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung
untuk variabel kedisiplinan belajar (X1) sebesar 4,175 dan untuk variabel tingkat intelligence
quotient (X2) sebesar 2,765 yang nilainya lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,009 dengan nilai
signifikan hitung kurang dari 0,05. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh secara individu (parsial)
antara kedisiplinan belajar dan tingkat intelligence quotient terhadap prestasi belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007. Berdasarkan perhitungan
sumbangan efektif masing-masing SE% X1 = 31,95% dan SE% X2 = 18,837%. Dengan kata lain,
berarti kedisiplinan belajar dan tingkat intelligence quotient memberi pengaruh positif dengan
kontribusi sebesar 50,79%, sedangkan faktor yang lain sebesar = 49,21%, sehingga dapat
dikatakan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi faktor yang tidak teliti dalam penelitian
ini sebesar (100%-50,79%) = 49,21%. |
---|