USAHA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi kasus di SMA N 1 Musuk Boyolali Pada Tahun Ajaran 2007/2008)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha guru ekonomi dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 1 Musuk Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, yakni penelitian y...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: MARSINI , SRI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2007
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/10465/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha guru ekonomi dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 1 Musuk Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru ekonomi, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 2 orang guru. Untuk memperoleh data dalam penelitian melalui interview, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif yang menggunakan tiga komponen utama, yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Musuk Boyolali telah melakukan beberapa usaha-usaha dalam menerapkan konsep kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang meliputi menciptakan lingkungan yang kondusif, mengembangkan fasilitas dan sumber belajar, guru harus dapat mendisiplinkan peserta didik, mengubah paradigma atau pola pikir guru, menyusun silabus secara keseluruhan guru SMA Negeri 1 Musuk Boyolali telah memiliki persiapan yang matang untuk melaksanakan atau menerapkan KTSP terutama dalam proses pembelajaran.