ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008

Implementasi KTSP menuntut adanya pemahaman guru dalam merencanakan dan menyusun silabus dan materi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penguasaan penyusunan silabus dan materi pembelajaran terhadap penerapan KTSP pada kela...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: PURWANDARI , LISTIANA
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
English
English
English
English
English
Almmustuhtton: 2007
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/10464/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Implementasi KTSP menuntut adanya pemahaman guru dalam merencanakan dan menyusun silabus dan materi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penguasaan penyusunan silabus dan materi pembelajaran terhadap penerapan KTSP pada kelas VII SMP Negeri 2 Juwiring tahun ajaran 2007/2008. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Juwiring tahun ajaran 2007/2008. Data analisis secara deskriptif kualitatif berdasarkan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis penguasaan silabus dan materi pelajaran guru mata pelajaran ekonomi kelas VII pada pembuatan uraian materi 2,17 (kurang), pemilihan pengalaman belajar 2,1 (kurang), bentuk instrumen penilaian 1,33 (sangat kurang), contoh instrumen 1,33 (sangat kurang) menentukan alokasi waktu 2,33 (sangat kurang) dan sumber/alat/bahan 2,83 (cukup). Hasil penelitian analisis penguasaan silabus dan materi pembelajaran pada guru ekonomi kelas VII dalam kategori kurang (1,99). Pemilihan pengalaman belajar diterapkan dengan menggunakan berbagai macam metode, yaitu metode demontrasi (2,33 (kurang), metode diskusi 3,33 (cukup), metode tanya jawab 1,73 (kurang) dan metode ceramah 4 (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis penguasaan penyusunan silabus guru mata pelajaran ekonomi kelas VII di SMP Negeri 2 Juwiring tahun ajaran 2007/2008 termasuk kategori kurang (1,99). Sedangkan metode yang digunakan guru dalam memberikan pengalaman belajar yaitu metode demonstrasi, diskusi, tanya awab dan ceramah termasuk kategori cukup (2,84).