INTERAKSI SOSIAL, RASA TANGGUNG JAWAB DAN POLA BELAJAR SISWA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SMA MUHAMMADIYAH 2 KLATEN DI DELANGGU

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial, rasa tanggung jawab dan pola belajar terhadap prestasi belajar akuntansi baik secara parsial maupun serentak pada SMA Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan 3 variabel bebas yaitu int...

Disgrifiad llawn

Wedi'i Gadw mewn:
Manylion Llyfryddiaeth
Prif Awdur: LESTARI, SRI
Fformat: Traethawd Ymchwil
Iaith:English
English
English
English
English
English
Cyhoeddwyd: 2007
Pynciau:
Mynediad Ar-lein:https://eprints.ums.ac.id/10435/
Tagiau: Ychwanegu Tag
Dim Tagiau, Byddwch y cyntaf i dagio'r cofnod hwn!
Disgrifiad
Crynodeb:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial, rasa tanggung jawab dan pola belajar terhadap prestasi belajar akuntansi baik secara parsial maupun serentak pada SMA Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan 3 variabel bebas yaitu interaksi sosial (X1), rasa tanggung jawab (X2) dan pola balajar siswa (X3) serta prestasi belajar akuntansi sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI semester ganjil SMA Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu yang berjumlah 68 siswa. Sampel yang digunakan adalah 58 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan Koefisien Determinasi (R2). Dari hasil analisis regresi sederhana diperoleh bahwa (1) Terdapat pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar akuntansi, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (5,515) > ttabel (1,960) dengan sumbangan efektif sebesar 46,30 %; (2) Terdapat pengaruh antara rasa tanggung jawab dengan prestasi belajar akuntansi, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (4,147) > ttabel (1,960) dengan sumbangan efektif sebesar 31,66 %; (3) Tidak terdapat pengaruh antara pola belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (1,525) < ttabel (1,960) dengan sumbangan efektif sebesar 19,75 %; dan (4) Terdapat pengaruh antara interaksi sosial, rasa tanggung jawab, dan pola belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi, terbukti dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung (749,503) > Ftabel (2,78) dengan kontribusi sebesar 97,7%.