HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALITAHUN AJARAN 2006/2007

Tujuan penelitian ini: 1) Mengetahui hubungan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 2) Mengetahui hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 3) Mengetahui hubungan antara kemamp...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: AMBARWATI, IIN WORO
Format: Thesis
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2007
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/10425/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:Tujuan penelitian ini: 1) Mengetahui hubungan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 2) Mengetahui hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 3) Mengetahui hubungan antara kemampuan awal dan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Hipotesis dari penelitian ini adalah : 1) Ada hubungan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 2) Ada hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 3) Ada hubungan antara kemampuan awal dan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngemplak terdiri dari 6 kelas, sebanyak 240 siswa, adapun yang diambil sebagai sampel adalah dua kelas yang terdiri dari 80 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, metode angket. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian korelasi (corelational research). Alat analisis yang digunakan yaitu analisis statistik dengan regresi berganda. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan: 1) Kemampuan awal berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 16,18%, 2) Kedisiplinan belajar siswa berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 12,21%, 3) Kemampuan awal dan kedisiplinan belajar siswa berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 28,38%.