HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALITAHUN AJARAN 2006/2007
Tujuan penelitian ini: 1) Mengetahui hubungan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 2) Mengetahui hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 3) Mengetahui hubungan antara kemamp...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10425/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini: 1) Mengetahui hubungan antara kemampuan awal dengan
prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 2) Mengetahui hubungan
antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak
Boyolali; 3) Mengetahui hubungan antara kemampuan awal dan kedisiplinan belajar siswa
dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali.
Hipotesis dari penelitian ini adalah : 1) Ada hubungan antara kemampuan awal dengan
prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali; 2) Ada hubungan antara
kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali;
3) Ada hubungan antara kemampuan awal dan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi
belajar kjelas VII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngemplak
terdiri dari 6 kelas, sebanyak 240 siswa, adapun yang diambil sebagai sampel adalah dua kelas
yang terdiri dari 80 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode
dokumentasi, metode angket. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian korelasi
(corelational research). Alat analisis yang digunakan yaitu analisis statistik dengan regresi
berganda.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan: 1) Kemampuan
awal berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa
SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar
16,18%, 2) Kedisiplinan belajar siswa berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar pada siswa SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan
kontribusi sebesar 12,21%, 3) Kemampuan awal dan kedisiplinan belajar siswa
berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 1
Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 28,38%. |
---|