PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTINUE LEARNING DAN TEAM QUIZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 2 GONDANG SRAGEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Team quiz dan Continue learning terhadap pemahaman konsep matematika, (2) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian belajar siswa te...

Full beskrivning

Sparad:
Bibliografiska uppgifter
Huvudupphovsman: NURHAYATI, MAYA
Materialtyp: Lärdomsprov
Språk:English
English
Publicerad: 2010
Ämnen:
Länkar:https://eprints.ums.ac.id/10319/
Taggar: Lägg till en tagg
Inga taggar, Lägg till första taggen!
Beskrivning
Sammanfattning:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Team quiz dan Continue learning terhadap pemahaman konsep matematika, (2) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester 2 SMP N 2 Gondang tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran Team quiz dan Continue learning terhadap pemahaman konsep matematika, dengan Fa = 4,766, (2) ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika, dengan Fb = 19,372, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa, dengan Fab = 0,124.