PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematikan melalui strategi pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate pada pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: APRILINIAWATI, RIZA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10313/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995046714376192
author APRILINIAWATI, RIZA
author_facet APRILINIAWATI, RIZA
author_sort APRILINIAWATI, RIZA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematikan melalui strategi pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate pada pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII.A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 41 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Banyaknya siswa yang bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 7,31%, di akhir tindakan mencapai 70,73%. 2) Siswa yang memperhatikan penjelasan dari guru sebelum diadakan tindakan sebesar 53,65%, di akhir tindakan mencapai 95,12%. 3) Siswa yang menanggapi/menjawab permasalahan sebelum tindakan sebesar 9,76%, di akhir tindakan mencapai 75,60%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa, sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebesar 43,90% dan di akhir tindakan mencapai 80,49%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10313
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10313 https://eprints.ums.ac.id/10313/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA APRILINIAWATI, RIZA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematikan melalui strategi pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate pada pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII.A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 41 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Banyaknya siswa yang bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 7,31%, di akhir tindakan mencapai 70,73%. 2) Siswa yang memperhatikan penjelasan dari guru sebelum diadakan tindakan sebesar 53,65%, di akhir tindakan mencapai 95,12%. 3) Siswa yang menanggapi/menjawab permasalahan sebelum tindakan sebesar 9,76%, di akhir tindakan mencapai 75,60%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa, sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebesar 43,90% dan di akhir tindakan mencapai 80,49%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10313/1/A410060289.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10313/3/A410060289.pdf APRILINIAWATI, RIZA (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060289
spellingShingle LB Theory and practice of education
APRILINIAWATI, RIZA
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
title_sort penerapan strategi pembelajaran aktif tipe lightening the laerning climate untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10313/
work_keys_str_mv AT apriliniawatiriza penerapanstrategipembelajaranaktiftipelighteningthelaerningclimateuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswadalampembelajaranmatematika