PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR

Unjuk kerja mesin dipengaruhi tiga faktor utama, yaitu daya, torsi dan konsumsi bahan bakar. Dengan usaha memperhatikan dan menyempurnakan parameter-parameter yang mempengaruhinya agar daya dan torsi tersebut bertambah, salah satu diantaranya adalah pengubahan sistem pengapian, hal ini m...

Πλήρης περιγραφή

Αποθηκεύτηκε σε:
Λεπτομέρειες βιβλιογραφικής εγγραφής
Κύριος συγγραφέας: HERWANTO, HEDI
Μορφή: Thesis
Γλώσσα:English
English
Έκδοση: 2010
Θέματα:
Διαθέσιμο Online:https://eprints.ums.ac.id/10065/
Ετικέτες: Προσθήκη ετικέτας
Δεν υπάρχουν, Καταχωρήστε ετικέτα πρώτοι!
_version_ 1804994978984755200
author HERWANTO, HEDI
author_facet HERWANTO, HEDI
author_sort HERWANTO, HEDI
collection ePrints
description Unjuk kerja mesin dipengaruhi tiga faktor utama, yaitu daya, torsi dan konsumsi bahan bakar. Dengan usaha memperhatikan dan menyempurnakan parameter-parameter yang mempengaruhinya agar daya dan torsi tersebut bertambah, salah satu diantaranya adalah pengubahan sistem pengapian, hal ini mempunyai maksud agar pembakaran di dalam ruang bakar terjadi dengan sempurna, dengan pembakaran yang sempurna hal ini bertujuan agar unjuk kerja dari mesin tersebut dapat meningkat tanpa mengurangi efisiensi dari mesin tersebut. Penggantian CDI dan koil standar dengan tipe racing merupakan salah satu cara agar mendapatkan pengapian yang lebih baik sehingga diharapkan terjadi pembakaran yang sempurna di ruang bakar. Hal ini bertujuan agar mengetahui perbandingan daya dan torsi serta konsumsi bahan bakar spesifik motor standart dengan motor yang menggunakan CDI racing dan koil racing. Proses pengujian ini menggunakan dynometer merek sportdyno v.3.2. Tahap pengujian dilakukan dengan mengendarai sepeda motor di atas mesin dynometer. Dengan memasukkan gigi perseneling ke gigi tiga dengan putaran awal 4000 rpm lalu memutar handle gas hingga pada putaran peak, kemudian hasil akan terlihat di layar monitor komputer yang terhubung dengan mesin dynometer, dan hasil akan tersimpan dalam komputer. Dari hasil pengujian didapatkan hasil berupa print out yang berupa grafik daya, torsi dan putaran mesin. Dengan pemakaian koil racing ada peningkatan torsi sepeda motor sedangkan untuk pemakaian cdi racing torsi sepeda motor tidak bertambah. Sedang untuk daya dengan pemakaian koil racing ada peningkatan daya motor tapi tidak terlalu tinggi, sedangkan untuk pemakaian CDI racing daya motor tetap. Penggunaan koil racing maupun CDI racing mampu mengurangi konsumsi bahan bakar spesifik sehingga lebih irit dibandingkan dengan motor standart. Kata Kunci : Koil racing, CDI racing, Daya, Torsi
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10065
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10065 https://eprints.ums.ac.id/10065/ PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR HERWANTO, HEDI TJ Mechanical engineering and machinery Unjuk kerja mesin dipengaruhi tiga faktor utama, yaitu daya, torsi dan konsumsi bahan bakar. Dengan usaha memperhatikan dan menyempurnakan parameter-parameter yang mempengaruhinya agar daya dan torsi tersebut bertambah, salah satu diantaranya adalah pengubahan sistem pengapian, hal ini mempunyai maksud agar pembakaran di dalam ruang bakar terjadi dengan sempurna, dengan pembakaran yang sempurna hal ini bertujuan agar unjuk kerja dari mesin tersebut dapat meningkat tanpa mengurangi efisiensi dari mesin tersebut. Penggantian CDI dan koil standar dengan tipe racing merupakan salah satu cara agar mendapatkan pengapian yang lebih baik sehingga diharapkan terjadi pembakaran yang sempurna di ruang bakar. Hal ini bertujuan agar mengetahui perbandingan daya dan torsi serta konsumsi bahan bakar spesifik motor standart dengan motor yang menggunakan CDI racing dan koil racing. Proses pengujian ini menggunakan dynometer merek sportdyno v.3.2. Tahap pengujian dilakukan dengan mengendarai sepeda motor di atas mesin dynometer. Dengan memasukkan gigi perseneling ke gigi tiga dengan putaran awal 4000 rpm lalu memutar handle gas hingga pada putaran peak, kemudian hasil akan terlihat di layar monitor komputer yang terhubung dengan mesin dynometer, dan hasil akan tersimpan dalam komputer. Dari hasil pengujian didapatkan hasil berupa print out yang berupa grafik daya, torsi dan putaran mesin. Dengan pemakaian koil racing ada peningkatan torsi sepeda motor sedangkan untuk pemakaian cdi racing torsi sepeda motor tidak bertambah. Sedang untuk daya dengan pemakaian koil racing ada peningkatan daya motor tapi tidak terlalu tinggi, sedangkan untuk pemakaian CDI racing daya motor tetap. Penggunaan koil racing maupun CDI racing mampu mengurangi konsumsi bahan bakar spesifik sehingga lebih irit dibandingkan dengan motor standart. Kata Kunci : Koil racing, CDI racing, Daya, Torsi 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10065/1/D200000031.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10065/4/D200000031.pdf HERWANTO, HEDI (2010) PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200000031
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
HERWANTO, HEDI
PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR
title PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR
title_full PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR
title_fullStr PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR
title_full_unstemmed PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR
title_short PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR
title_sort pengaruh cdi racing programmable dan koil racing pada performa sepeda motor
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/10065/
work_keys_str_mv AT herwantohedi pengaruhcdiracingprogrammabledankoilracingpadaperformasepedamotor