PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG DEPRESI MELALUI EDUKASI
ABSTRAK Pandemi COVID-19 merupakan stressor yang cukup berat bagi masyarakat, yang memicu kejadian gangguan jiwa. Indonesia mengalami peningkatan kasus gangguan jiwa sebanyak 2 kali lipat selama pandemi, baik berupa stres maupun depresi. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya informasi tentang...
Saved in:
Main Authors: | , , , , , , , , , , , , , , , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Universitas Muhamamdiyah Surakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals2.ums.ac.id/index.php/jpmmedika/article/view/483 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | ABSTRAK
Pandemi COVID-19 merupakan stressor yang cukup berat bagi masyarakat, yang memicu kejadian gangguan jiwa. Indonesia mengalami peningkatan kasus gangguan jiwa sebanyak 2 kali lipat selama pandemi, baik berupa stres maupun depresi. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya informasi tentang gangguan jiwa, utamanya depresi pada masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat memiliki pengetahuan tentang gejala penyakit tersebut dan mengetahui hal yang harus dilakukan jika memiliki gejala depresi. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang depresi terutama faktor risiko dan pengobatannya. Metode yang dilakukan berupa pemberian pretest, pemaparan materi dan post-test. Analisis nilai antara pretest dan post-test terdapat perbedaan signifikan (p<0,05). Kesimpulan kegiatan ini bahwa edukasi meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang depresi.
ABSTRACT
The COVID-19 pandemic is a fairly heavy stressor for the community, which triggers the occurrence of mental disorders. Indonesia experienced a doubled cases of mental disorders during the pandemic, both of stress and depression. Based on this, it is necessary to provide information about mental disorders, especially depression to the public, so that people are expected to increase their knowledge about depression symptomps and know what to do if they have its. The purpose of this activity is to provide education to the public about depression, especially its risk factors and treatment. The method used is in the form of pretest, material presentation and post-test. After analyzing the values between the pretest and post-test there was a significant difference (p<0.05). We concluded that education increases public knowledge about depression. |
---|