PENERAPAN E-LEARNING UNTUK MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAGI GURU DI LINGKUNGAN PCM KARTASURA

Perkembangan teknologi dan komunikasi mempengaruhi kemampuan berpikir dan kreatifitas siswa. Perubahan tersebut memberikan pengaruh untuk mengoreksi kekurangan dari pembelajaran konvensional, dimana proses belajar menggunakan papan tulis sebagai sarana utama, bersifat statis dan guru menjadi satu-sa...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: Priyawati, Diah
פורמט: UMS Journal (OJS)
שפה:eng
יצא לאור: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
נושאים:
גישה מקוונת:https://journals2.ums.ac.id/index.php/abditeknoyasa/article/view/48
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
תיאור
סיכום:Perkembangan teknologi dan komunikasi mempengaruhi kemampuan berpikir dan kreatifitas siswa. Perubahan tersebut memberikan pengaruh untuk mengoreksi kekurangan dari pembelajaran konvensional, dimana proses belajar menggunakan papan tulis sebagai sarana utama, bersifat statis dan guru menjadi satu-satunya informasi. Selain itu, semakin banyak siswa yang harus ditangani guru dapat menurunkan kualitas mengajar. Pemanfaatan internet dalam proses belajar mengajar berupa e-learning mampu mengatasi kekurangan tersebut. Sehingga dilaksanakan kegiatan pengabdian berupa pelatihan penggunaan e-learning bagi guru-guru di lingkungan PCM Kartasura guna meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan ini diikuti sebanyak 21 peserta. Metode pelatihan berupa penyajian materi dan pendampingan penggunaan e-learning. Survei dilakukan kepada peserta sebelum pelaksanaan pelatihan (pretest) dan setelah pelaksanaan pelatihan (posttest). Hasil pengolahan data instrumen tes menunjukkan bahwa pengetahuan mengenai e-learning meningkat sebesar 12.38% dan kemampuan mengelola e-learning meningkat sebanyak 22.86%.