PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU
Moderasi beragama merupakan cara pandang dan prilaku seseorang dalam beragama secara moderat, yaitu adil dan seimbang, sehingga dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama lebih mementingkan sikap toleran dan inklusif, dan menghindari perilaku berlebihan-lebihan dan ekstrem saat mengimplementasikann...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Published: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2024
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals2.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/3198 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805338196050968576 |
---|---|
author | Ihda, Ihda Izzatul Hikmah |
author_facet | Ihda, Ihda Izzatul Hikmah |
author_sort | Ihda, Ihda Izzatul Hikmah |
collection | OJS |
description | Moderasi beragama merupakan cara pandang dan prilaku seseorang dalam beragama secara moderat, yaitu adil dan seimbang, sehingga dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama lebih mementingkan sikap toleran dan inklusif, dan menghindari perilaku berlebihan-lebihan dan ekstrem saat mengimplementasikannya. Dalam moderasi beragama bukanlah agama yang dimoderasikan, tetapi cara kita dalam beragama, yaitu memahami dan mengamalkan agama dalam perspektif moderat. Selanjutnya dalam penelitian ini dibahas tentang perlunya pelatihan guru tentang moderasi beragama di sekolah. Karena guru sebagai garda depan dalam proses pembelajaran moderasi beragama di sekolah. Tujuannya untuk memberikan penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang moderasi beragama, serta mengitegrasikannya dalam pembelajaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode library research atau penelitian pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa, pertama: penanaman nilai-nilai moderasi beragama memiliki berbagai strategi, baik melalui kebijakan maupun pendekatan. Efektifitas strategi yang digunakan tergantung pada masing-masing unsur yang saling terkait. Banyaknya nilai-nilai moderasi Bergama tersebut memiliki pendekatan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Kebijakan melakukan pelatihan bagi guru merupakan pendekatan yang cukup strategis, karena guru sebagai garda depan dalam pendidikan sudah seharusnya memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai moderasi Beragama. Oleh karenanya guru perlu mendapatkan pengetahuan yang lebih sebagai bekal untuk melakukan pengintegrasian nilai-nilai moderasi beragama di sekolah. Kedua: diperolehnya langkah-langkah pelaksanaan pelatihan moderasi beragama menjadi sebuah panduan yang terstruktur, sehingga harapan diperolehnya wawasan dan pengetahuan tentang moderasi beragama dapat mencakup seluruh materi yang menjadi pokok persoalan dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-3198 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
publishDate | 2024 |
publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-3198 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU Ihda, Ihda Izzatul Hikmah pelatihan guru, strategi pendekatan, moderasi beragama, Islam moderat Moderasi beragama merupakan cara pandang dan prilaku seseorang dalam beragama secara moderat, yaitu adil dan seimbang, sehingga dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama lebih mementingkan sikap toleran dan inklusif, dan menghindari perilaku berlebihan-lebihan dan ekstrem saat mengimplementasikannya. Dalam moderasi beragama bukanlah agama yang dimoderasikan, tetapi cara kita dalam beragama, yaitu memahami dan mengamalkan agama dalam perspektif moderat. Selanjutnya dalam penelitian ini dibahas tentang perlunya pelatihan guru tentang moderasi beragama di sekolah. Karena guru sebagai garda depan dalam proses pembelajaran moderasi beragama di sekolah. Tujuannya untuk memberikan penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang moderasi beragama, serta mengitegrasikannya dalam pembelajaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode library research atau penelitian pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa, pertama: penanaman nilai-nilai moderasi beragama memiliki berbagai strategi, baik melalui kebijakan maupun pendekatan. Efektifitas strategi yang digunakan tergantung pada masing-masing unsur yang saling terkait. Banyaknya nilai-nilai moderasi Bergama tersebut memiliki pendekatan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Kebijakan melakukan pelatihan bagi guru merupakan pendekatan yang cukup strategis, karena guru sebagai garda depan dalam pendidikan sudah seharusnya memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai moderasi Beragama. Oleh karenanya guru perlu mendapatkan pengetahuan yang lebih sebagai bekal untuk melakukan pengintegrasian nilai-nilai moderasi beragama di sekolah. Kedua: diperolehnya langkah-langkah pelaksanaan pelatihan moderasi beragama menjadi sebuah panduan yang terstruktur, sehingga harapan diperolehnya wawasan dan pengetahuan tentang moderasi beragama dapat mencakup seluruh materi yang menjadi pokok persoalan dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024-07-19 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article https://journals2.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/3198 Profetika: Jurnal Studi Islam; Vol. 25 No. 01 (2024): Accepted Papers 2541-4534 1411-0881 Copyright (c) 2024 Ihda Izzatul Hikmah Ihda https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | pelatihan guru, strategi pendekatan, moderasi beragama, Islam moderat Ihda, Ihda Izzatul Hikmah PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU |
title | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU |
title_full | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU |
title_fullStr | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU |
title_full_unstemmed | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU |
title_short | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU |
title_sort | pendidikan agama islam moderat melalui pelatihan moderasi beragama bagi guru |
topic | pelatihan guru, strategi pendekatan, moderasi beragama, Islam moderat |
topic_facet | pelatihan guru, strategi pendekatan, moderasi beragama, Islam moderat |
url | https://journals2.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/3198 |
work_keys_str_mv | AT ihdaihdaizzatulhikmah pendidikanagamaislammoderatmelaluipelatihanmoderasiberagamabagiguru |