PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU

Moderasi beragama merupakan cara pandang dan prilaku seseorang dalam beragama secara moderat, yaitu adil dan seimbang, sehingga dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama lebih mementingkan sikap toleran dan inklusif, dan menghindari perilaku berlebihan-lebihan dan ekstrem saat mengimplementasikann...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ihda, Ihda Izzatul Hikmah
Format: UMS Journal (OJS)
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024
Subjects:
Online Access:https://journals2.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/3198
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805338196050968576
author Ihda, Ihda Izzatul Hikmah
author_facet Ihda, Ihda Izzatul Hikmah
author_sort Ihda, Ihda Izzatul Hikmah
collection OJS
description Moderasi beragama merupakan cara pandang dan prilaku seseorang dalam beragama secara moderat, yaitu adil dan seimbang, sehingga dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama lebih mementingkan sikap toleran dan inklusif, dan menghindari perilaku berlebihan-lebihan dan ekstrem saat mengimplementasikannya. Dalam moderasi beragama bukanlah agama yang dimoderasikan, tetapi cara kita dalam beragama, yaitu memahami dan mengamalkan agama dalam perspektif moderat. Selanjutnya dalam penelitian ini dibahas tentang perlunya pelatihan guru tentang moderasi beragama di sekolah. Karena guru sebagai garda depan dalam proses pembelajaran moderasi beragama di sekolah. Tujuannya untuk memberikan penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang moderasi beragama, serta mengitegrasikannya dalam pembelajaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode library research atau penelitian pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa, pertama: penanaman nilai-nilai moderasi beragama memiliki berbagai strategi, baik melalui kebijakan maupun pendekatan. Efektifitas strategi yang digunakan tergantung pada masing-masing unsur yang saling terkait. Banyaknya nilai-nilai moderasi Bergama tersebut memiliki pendekatan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Kebijakan melakukan pelatihan bagi guru merupakan pendekatan yang cukup strategis, karena guru sebagai garda depan dalam pendidikan sudah seharusnya memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai moderasi Beragama. Oleh karenanya guru perlu mendapatkan pengetahuan yang lebih sebagai bekal untuk melakukan pengintegrasian nilai-nilai moderasi beragama di sekolah. Kedua: diperolehnya langkah-langkah pelaksanaan pelatihan moderasi beragama menjadi sebuah panduan yang terstruktur, sehingga harapan diperolehnya wawasan dan pengetahuan tentang moderasi beragama dapat mencakup seluruh materi yang menjadi pokok persoalan dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-3198
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
publishDate 2024
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-3198 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU Ihda, Ihda Izzatul Hikmah pelatihan guru, strategi pendekatan, moderasi beragama, Islam moderat Moderasi beragama merupakan cara pandang dan prilaku seseorang dalam beragama secara moderat, yaitu adil dan seimbang, sehingga dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama lebih mementingkan sikap toleran dan inklusif, dan menghindari perilaku berlebihan-lebihan dan ekstrem saat mengimplementasikannya. Dalam moderasi beragama bukanlah agama yang dimoderasikan, tetapi cara kita dalam beragama, yaitu memahami dan mengamalkan agama dalam perspektif moderat. Selanjutnya dalam penelitian ini dibahas tentang perlunya pelatihan guru tentang moderasi beragama di sekolah. Karena guru sebagai garda depan dalam proses pembelajaran moderasi beragama di sekolah. Tujuannya untuk memberikan penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang moderasi beragama, serta mengitegrasikannya dalam pembelajaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode library research atau penelitian pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa, pertama: penanaman nilai-nilai moderasi beragama memiliki berbagai strategi, baik melalui kebijakan maupun pendekatan. Efektifitas strategi yang digunakan tergantung pada masing-masing unsur yang saling terkait. Banyaknya nilai-nilai moderasi Bergama tersebut memiliki pendekatan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Kebijakan melakukan pelatihan bagi guru merupakan pendekatan yang cukup strategis, karena guru sebagai garda depan dalam pendidikan sudah seharusnya memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai moderasi Beragama. Oleh karenanya guru perlu mendapatkan pengetahuan yang lebih sebagai bekal untuk melakukan pengintegrasian nilai-nilai moderasi beragama di sekolah. Kedua: diperolehnya langkah-langkah pelaksanaan pelatihan moderasi beragama menjadi sebuah panduan yang terstruktur, sehingga harapan diperolehnya wawasan dan pengetahuan tentang moderasi beragama dapat mencakup seluruh materi yang menjadi pokok persoalan dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024-07-19 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article https://journals2.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/3198 Profetika: Jurnal Studi Islam; Vol. 25 No. 01 (2024): Accepted Papers 2541-4534 1411-0881 Copyright (c) 2024 Ihda Izzatul Hikmah Ihda https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle pelatihan guru, strategi pendekatan, moderasi beragama, Islam moderat
Ihda, Ihda Izzatul Hikmah
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU
title PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU
title_full PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU
title_fullStr PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU
title_full_unstemmed PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU
title_short PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU
title_sort pendidikan agama islam moderat melalui pelatihan moderasi beragama bagi guru
topic pelatihan guru, strategi pendekatan, moderasi beragama, Islam moderat
topic_facet pelatihan guru, strategi pendekatan, moderasi beragama, Islam moderat
url https://journals2.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/3198
work_keys_str_mv AT ihdaihdaizzatulhikmah pendidikanagamaislammoderatmelaluipelatihanmoderasiberagamabagiguru