IMPLEMENTASI GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB RAHMAWATI KHOLID KARANGANYAR, JAWA TENGAH

Sekolah Luar Biasa (SLB) Rahmawati Kholid adalah sekolah dasar untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berdasarkan observasi serta wawancara yang telah dilakukan, terdapat permasalahan di Sekolah tersebut, yaitu mengenai media pembelajaran maupun alat bantu y...

Deskribapen osoa

Gorde:
Xehetasun bibliografikoak
Egile Nagusiak: Al Irsyadi, Fatah Yasin, Gunawan, Dedi, Rahman, Ahmada Auliya, Kurniawan, Yogiek Indra
Formatua: UMS Journal (OJS)
Hizkuntza:eng
Argitaratua: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023
Gaiak:
Sarrera elektronikoa:https://journals2.ums.ac.id/index.php/abditeknoyasa/article/view/2549
Etiketak: Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
Deskribapena
Gaia:Sekolah Luar Biasa (SLB) Rahmawati Kholid adalah sekolah dasar untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berdasarkan observasi serta wawancara yang telah dilakukan, terdapat permasalahan di Sekolah tersebut, yaitu mengenai media pembelajaran maupun alat bantu yang masih sangat minim dan kurang menarik siswa. Pada saat ini, pembelajaran hanya 1 arah dari guru ke murid dengan alat bantu berupa buku dan papan tulis. Solusi yang dapat diberikan di SLB Rahmawati Kholid adalah dengan pengembangan teknologi pembelajaran berupa aplikasi game edukasi yang khusus bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengatasi masalah media pembelajaran. Kegiatan pengabdian terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu analisis permasalahan (need assessment), perancangan aplikasi, implementasi aplikasi, pemaparan dan pelatihan kepada SLB Rahmawati Kholid, simulasi dan pengujian, serta maintenance dan follow up kepada mitra. Hasil dari pengabdian masyarakat yang telah dilakukan yaitu terbangunnya beberapa aplikasi edugame yang dapat digunakan oleh siswa SLB untuk belajar secara mandiri.