Pengaruh Sosialisasi DAGUSIBU Obat Tetes Mata Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram

Obat tetes mata merupakan salah satu sediaan steril yang berupa larutan atau suspensi. Pengetahuan sebagian masyarakat terkait obat tetes mata masih kurang. Program DAGUSIBU (dapatkan, gunakan, simpan, buang) obat yang diprakarsai oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) merupakan salah satu srategi dal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Karuniawati, Hidayah, Salsabila, Pratiwi, Trisya Nur, Eryani, Kurnia, Rahmawati, Devi, Cahyani, Rahma Saritri, Maulida, Amalya, Fiandra, Thalia, Tustika Vieda, Zuhroh, Viyanti, Oktri
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021
Subjects:
Online Access:https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/230
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805337294082670592
author Karuniawati, Hidayah
Salsabila
Pratiwi, Trisya Nur
Eryani, Kurnia
Rahmawati, Devi
Cahyani, Rahma Saritri
Maulida, Amalya
Fiandra, Thalia
Tustika Vieda, Zuhroh
Viyanti, Oktri
author_facet Karuniawati, Hidayah
Salsabila
Pratiwi, Trisya Nur
Eryani, Kurnia
Rahmawati, Devi
Cahyani, Rahma Saritri
Maulida, Amalya
Fiandra, Thalia
Tustika Vieda, Zuhroh
Viyanti, Oktri
author_sort Karuniawati, Hidayah
collection OJS
description Obat tetes mata merupakan salah satu sediaan steril yang berupa larutan atau suspensi. Pengetahuan sebagian masyarakat terkait obat tetes mata masih kurang. Program DAGUSIBU (dapatkan, gunakan, simpan, buang) obat yang diprakarsai oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) merupakan salah satu srategi dalam mencapai pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan obat dengan benar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan masyarakat tentang cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat tetes mata dengan benar. Penyuluhan dilakukan melalui media sosial Instagram yang berupa video edukasi animasi yang berdurasi 2 menit 09 detik. Sebelum dan setelah menyaksikan video penyuluhan, responden diminta untuk mengisi kuesioner yang diberikan melaui google form. Data pre-test dan post-test dilakukan uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji t berpasangan. Sebanyak 82 responden berpartisipasi dalam sosialisasi tetes mata. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan responden dengan kisaran antara 2,4% sampai 30,5%. Uji normalitas didapatkan hasil bahwa jawaban kuesioner terdistribusi normal dengan nilai p value > 0,05. Uji t berpasangan menunjukkan nilai p value < 0,05 yang berarti bahwa penyuluhan secara online melalui media sosial dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat tetes mata secara signifikan.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-230
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-230 Pengaruh Sosialisasi DAGUSIBU Obat Tetes Mata Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram Karuniawati, Hidayah Salsabila Pratiwi, Trisya Nur Eryani, Kurnia Rahmawati, Devi Cahyani, Rahma Saritri Maulida, Amalya Fiandra, Thalia Tustika Vieda, Zuhroh Viyanti, Oktri Dagusibu Obat tetes mata media sosial Instagram Obat tetes mata merupakan salah satu sediaan steril yang berupa larutan atau suspensi. Pengetahuan sebagian masyarakat terkait obat tetes mata masih kurang. Program DAGUSIBU (dapatkan, gunakan, simpan, buang) obat yang diprakarsai oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) merupakan salah satu srategi dalam mencapai pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan obat dengan benar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan masyarakat tentang cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat tetes mata dengan benar. Penyuluhan dilakukan melalui media sosial Instagram yang berupa video edukasi animasi yang berdurasi 2 menit 09 detik. Sebelum dan setelah menyaksikan video penyuluhan, responden diminta untuk mengisi kuesioner yang diberikan melaui google form. Data pre-test dan post-test dilakukan uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji t berpasangan. Sebanyak 82 responden berpartisipasi dalam sosialisasi tetes mata. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan responden dengan kisaran antara 2,4% sampai 30,5%. Uji normalitas didapatkan hasil bahwa jawaban kuesioner terdistribusi normal dengan nilai p value > 0,05. Uji t berpasangan menunjukkan nilai p value < 0,05 yang berarti bahwa penyuluhan secara online melalui media sosial dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat tetes mata secara signifikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-01-28 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/230 10.23917/abdigeomedisains.v1i2.230 Abdi Geomedisains; Vol. 1, No. 2, January 2021; 92-98 2746-1157 2746-1165 10.23917/abdigeomedisains.v1i2 eng https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/230/79 Copyright (c) 2021 Abdi Geomedisains https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0
spellingShingle Dagusibu
Obat tetes mata
media sosial
Instagram
Karuniawati, Hidayah
Salsabila
Pratiwi, Trisya Nur
Eryani, Kurnia
Rahmawati, Devi
Cahyani, Rahma Saritri
Maulida, Amalya
Fiandra, Thalia
Tustika Vieda, Zuhroh
Viyanti, Oktri
Pengaruh Sosialisasi DAGUSIBU Obat Tetes Mata Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram
title Pengaruh Sosialisasi DAGUSIBU Obat Tetes Mata Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram
title_full Pengaruh Sosialisasi DAGUSIBU Obat Tetes Mata Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram
title_fullStr Pengaruh Sosialisasi DAGUSIBU Obat Tetes Mata Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram
title_full_unstemmed Pengaruh Sosialisasi DAGUSIBU Obat Tetes Mata Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram
title_short Pengaruh Sosialisasi DAGUSIBU Obat Tetes Mata Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram
title_sort pengaruh sosialisasi dagusibu obat tetes mata terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat melalui media sosial instagram
topic Dagusibu
Obat tetes mata
media sosial
Instagram
topic_facet Dagusibu
Obat tetes mata
media sosial
Instagram
url https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/230
work_keys_str_mv AT karuniawatihidayah pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram
AT salsabila pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram
AT pratiwitrisyanur pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram
AT eryanikurnia pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram
AT rahmawatidevi pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram
AT cahyanirahmasaritri pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram
AT maulidaamalya pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram
AT fiandrathalia pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram
AT tustikaviedazuhroh pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram
AT viyantioktri pengaruhsosialisasidagusibuobattetesmataterhadappeningkatanpengetahuanmasyarakatmelaluimediasosialinstagram