Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah

Budaya literasi sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan bagi kalangan akademisi utamanya tenaga pendidik atau guru. Budaya literasi yang dimaksud bukan hanya sekedar budaya membaca melainkan budaya dalam menghasilkan karya dalam bentuk tulisan berupa publikasi ilmiah. Saat ini, publikasi berupa tulisan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Priyono, Danardono
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021
Subjects:
Online Access:https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/204
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805337292968034304
author Priyono
Danardono
author_facet Priyono
Danardono
author_sort Priyono
collection OJS
description Budaya literasi sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan bagi kalangan akademisi utamanya tenaga pendidik atau guru. Budaya literasi yang dimaksud bukan hanya sekedar budaya membaca melainkan budaya dalam menghasilkan karya dalam bentuk tulisan berupa publikasi ilmiah. Saat ini, publikasi berupa tulisan sudah diintegrasikan sebagai salah satu syarat dalam pengembangan karir atau kinerja guru jika guru ingin meningkatkan jabatan fungsional. Selain itu pentingnya budaya literasi juga dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam pengajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Disisi lain, pentingnya budaya literasi ternyata tidak diimbangi dengan jumlah publikasi tulisan yang dihasilkan oleh guru. Hal ini terlihat dari banyaknya guru yang berhenti jenjang kepangkatannya karena tidak adanya publikasi tulisan. Rendahnya jumlah publikasi tulisan guru disebabkan rendahnya motivasi dalam menghasilkan publikasi akibat kurang mengertinya tata cara dalam menghasilkan publikasi tulisan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya berupa workshop dan pelatihan mengenai cara-cara dalam melakukan publikasi tulisan sehingga dapat meningkatkan motivasi guru dalam menghasilkan karya tulis. Hasil peningkatan motivasi guru dalam menulis karya tulis melalui workshop dan pelatihan menunjukkan bahwa semua guru dapat menghasilkan karya tulis jika diberikan motivasi dan pengetahuan mengenai cara-cara menulis. Hal ini terlihat dari beberapa karya yang dihasilkan dari guru setelah mengikuti kegiatan workshop dan pelatihan.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-204
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-204 Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah Priyono Danardono Literasi Geografi Publikasi Ilmiah Pembelajaran Budaya literasi sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan bagi kalangan akademisi utamanya tenaga pendidik atau guru. Budaya literasi yang dimaksud bukan hanya sekedar budaya membaca melainkan budaya dalam menghasilkan karya dalam bentuk tulisan berupa publikasi ilmiah. Saat ini, publikasi berupa tulisan sudah diintegrasikan sebagai salah satu syarat dalam pengembangan karir atau kinerja guru jika guru ingin meningkatkan jabatan fungsional. Selain itu pentingnya budaya literasi juga dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam pengajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Disisi lain, pentingnya budaya literasi ternyata tidak diimbangi dengan jumlah publikasi tulisan yang dihasilkan oleh guru. Hal ini terlihat dari banyaknya guru yang berhenti jenjang kepangkatannya karena tidak adanya publikasi tulisan. Rendahnya jumlah publikasi tulisan guru disebabkan rendahnya motivasi dalam menghasilkan publikasi akibat kurang mengertinya tata cara dalam menghasilkan publikasi tulisan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya berupa workshop dan pelatihan mengenai cara-cara dalam melakukan publikasi tulisan sehingga dapat meningkatkan motivasi guru dalam menghasilkan karya tulis. Hasil peningkatan motivasi guru dalam menulis karya tulis melalui workshop dan pelatihan menunjukkan bahwa semua guru dapat menghasilkan karya tulis jika diberikan motivasi dan pengetahuan mengenai cara-cara menulis. Hal ini terlihat dari beberapa karya yang dihasilkan dari guru setelah mengikuti kegiatan workshop dan pelatihan. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-01-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/204 10.23917/abdigeomedisains.v1i2.204 Abdi Geomedisains; Vol. 1, No. 2, January 2021; 99-106 2746-1157 2746-1165 10.23917/abdigeomedisains.v1i2 eng https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/204/85 Copyright (c) 2021 Abdi Geomedisains https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0
spellingShingle Literasi
Geografi
Publikasi Ilmiah
Pembelajaran
Priyono
Danardono
Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah
title Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah
title_full Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah
title_fullStr Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah
title_full_unstemmed Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah
title_short Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah
title_sort menggugah literasi geografi bagi guru geografi di tingkat pendidikan menengah
topic Literasi
Geografi
Publikasi Ilmiah
Pembelajaran
topic_facet Literasi
Geografi
Publikasi Ilmiah
Pembelajaran
url https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/204
work_keys_str_mv AT priyono menggugahliterasigeografibagigurugeografiditingkatpendidikanmenengah
AT danardono menggugahliterasigeografibagigurugeografiditingkatpendidikanmenengah