Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah
Budaya literasi sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan bagi kalangan akademisi utamanya tenaga pendidik atau guru. Budaya literasi yang dimaksud bukan hanya sekedar budaya membaca melainkan budaya dalam menghasilkan karya dalam bentuk tulisan berupa publikasi ilmiah. Saat ini, publikasi berupa tulisan...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/204 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805337292968034304 |
---|---|
author | Priyono Danardono |
author_facet | Priyono Danardono |
author_sort | Priyono |
collection | OJS |
description | Budaya literasi sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan bagi kalangan akademisi utamanya tenaga pendidik atau guru. Budaya literasi yang dimaksud bukan hanya sekedar budaya membaca melainkan budaya dalam menghasilkan karya dalam bentuk tulisan berupa publikasi ilmiah. Saat ini, publikasi berupa tulisan sudah diintegrasikan sebagai salah satu syarat dalam pengembangan karir atau kinerja guru jika guru ingin meningkatkan jabatan fungsional. Selain itu pentingnya budaya literasi juga dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam pengajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Disisi lain, pentingnya budaya literasi ternyata tidak diimbangi dengan jumlah publikasi tulisan yang dihasilkan oleh guru. Hal ini terlihat dari banyaknya guru yang berhenti jenjang kepangkatannya karena tidak adanya publikasi tulisan. Rendahnya jumlah publikasi tulisan guru disebabkan rendahnya motivasi dalam menghasilkan publikasi akibat kurang mengertinya tata cara dalam menghasilkan publikasi tulisan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya berupa workshop dan pelatihan mengenai cara-cara dalam melakukan publikasi tulisan sehingga dapat meningkatkan motivasi guru dalam menghasilkan karya tulis. Hasil peningkatan motivasi guru dalam menulis karya tulis melalui workshop dan pelatihan menunjukkan bahwa semua guru dapat menghasilkan karya tulis jika diberikan motivasi dan pengetahuan mengenai cara-cara menulis. Hal ini terlihat dari beberapa karya yang dihasilkan dari guru setelah mengikuti kegiatan workshop dan pelatihan. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-204 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2021 |
publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-204 Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah Priyono Danardono Literasi Geografi Publikasi Ilmiah Pembelajaran Budaya literasi sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan bagi kalangan akademisi utamanya tenaga pendidik atau guru. Budaya literasi yang dimaksud bukan hanya sekedar budaya membaca melainkan budaya dalam menghasilkan karya dalam bentuk tulisan berupa publikasi ilmiah. Saat ini, publikasi berupa tulisan sudah diintegrasikan sebagai salah satu syarat dalam pengembangan karir atau kinerja guru jika guru ingin meningkatkan jabatan fungsional. Selain itu pentingnya budaya literasi juga dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam pengajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Disisi lain, pentingnya budaya literasi ternyata tidak diimbangi dengan jumlah publikasi tulisan yang dihasilkan oleh guru. Hal ini terlihat dari banyaknya guru yang berhenti jenjang kepangkatannya karena tidak adanya publikasi tulisan. Rendahnya jumlah publikasi tulisan guru disebabkan rendahnya motivasi dalam menghasilkan publikasi akibat kurang mengertinya tata cara dalam menghasilkan publikasi tulisan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya berupa workshop dan pelatihan mengenai cara-cara dalam melakukan publikasi tulisan sehingga dapat meningkatkan motivasi guru dalam menghasilkan karya tulis. Hasil peningkatan motivasi guru dalam menulis karya tulis melalui workshop dan pelatihan menunjukkan bahwa semua guru dapat menghasilkan karya tulis jika diberikan motivasi dan pengetahuan mengenai cara-cara menulis. Hal ini terlihat dari beberapa karya yang dihasilkan dari guru setelah mengikuti kegiatan workshop dan pelatihan. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-01-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/204 10.23917/abdigeomedisains.v1i2.204 Abdi Geomedisains; Vol. 1, No. 2, January 2021; 99-106 2746-1157 2746-1165 10.23917/abdigeomedisains.v1i2 eng https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/204/85 Copyright (c) 2021 Abdi Geomedisains https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
spellingShingle | Literasi Geografi Publikasi Ilmiah Pembelajaran Priyono Danardono Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah |
title | Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah |
title_full | Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah |
title_fullStr | Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah |
title_full_unstemmed | Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah |
title_short | Menggugah Literasi Geografi Bagi Guru Geografi di Tingkat Pendidikan Menengah |
title_sort | menggugah literasi geografi bagi guru geografi di tingkat pendidikan menengah |
topic | Literasi Geografi Publikasi Ilmiah Pembelajaran |
topic_facet | Literasi Geografi Publikasi Ilmiah Pembelajaran |
url | https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/204 |
work_keys_str_mv | AT priyono menggugahliterasigeografibagigurugeografiditingkatpendidikanmenengah AT danardono menggugahliterasigeografibagigurugeografiditingkatpendidikanmenengah |