Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia

TPI Sendang Biru berada di Kabupaten Malang memiliki potensi yang besar baik dalam bidang penyediaan pasokan ikan ataupun sarana prasarana penunjang lainnya. Pelabuhan perikanan tersebut dipersiapkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi perikanan di wilayah selatan Provinsi Jawa Timur. Pemerintah melal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Aliviyanti, Dian, Semedi, Bambang, Yona, Defri, Asadi, Muhammad Arif, Kasitowati, Rarasrum Dyah, Dewi, Citra Satrya Utama, Lutfi, Oktiyas Muzaky, Isdianto, Andik
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021
Subjects:
Online Access:https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/199
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805337292414386176
author Aliviyanti, Dian
Semedi, Bambang
Yona, Defri
Asadi, Muhammad Arif
Kasitowati, Rarasrum Dyah
Dewi, Citra Satrya Utama
Lutfi, Oktiyas Muzaky
Isdianto, Andik
author_facet Aliviyanti, Dian
Semedi, Bambang
Yona, Defri
Asadi, Muhammad Arif
Kasitowati, Rarasrum Dyah
Dewi, Citra Satrya Utama
Lutfi, Oktiyas Muzaky
Isdianto, Andik
author_sort Aliviyanti, Dian
collection OJS
description TPI Sendang Biru berada di Kabupaten Malang memiliki potensi yang besar baik dalam bidang penyediaan pasokan ikan ataupun sarana prasarana penunjang lainnya. Pelabuhan perikanan tersebut dipersiapkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi perikanan di wilayah selatan Provinsi Jawa Timur. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2018 telah menyelesaikan relokasi pembangunan kios ikan berkonsep higienis pada wilayah tersebut untuk menunjang mutu hasil ikan dan harga jual ikan tetap tinggi.  Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Propinsi Jawa Timur saat ini melakukan pengembangan jalur lintas selatan untuk mempermudah aksesbilitas. Namun, adanya wabah pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan dampak yang besar pada berbagai bidang termasuk bidang perikanan. Hal tersebut menyebabkan bukan hanya minat beli masyrakat yang menurun, namun keterbatasan jalur distribusi produk juga menghambat transaksi jual-beli masyarakat. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan pelatihan dan pembinaan manajemen pemasaran produk-produk perikanan di TPI Sendang Biru berbasis media jual-beli online. Metode edukasi yang dilakukan adalah seminar dengan topik strategi pemasaran digital berbasis media sosial dan workshop berbasis toko online atau marketplace. Melalui program ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah awal dalam menghadapi tantangan-tantangan baru dalam penanggulangan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, serta dapat memperluas jejaring pemasaran para nelayan atau penjual ikan di wilayah tersebut bahkan hingga keadaan normal kembali.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-199
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals2.ums.ac.id:article-199 Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia Aliviyanti, Dian Semedi, Bambang Yona, Defri Asadi, Muhammad Arif Kasitowati, Rarasrum Dyah Dewi, Citra Satrya Utama Lutfi, Oktiyas Muzaky Isdianto, Andik pemasaran marketplace hasil perikanan Covid-19 TPI Sendang Biru berada di Kabupaten Malang memiliki potensi yang besar baik dalam bidang penyediaan pasokan ikan ataupun sarana prasarana penunjang lainnya. Pelabuhan perikanan tersebut dipersiapkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi perikanan di wilayah selatan Provinsi Jawa Timur. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2018 telah menyelesaikan relokasi pembangunan kios ikan berkonsep higienis pada wilayah tersebut untuk menunjang mutu hasil ikan dan harga jual ikan tetap tinggi.  Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Propinsi Jawa Timur saat ini melakukan pengembangan jalur lintas selatan untuk mempermudah aksesbilitas. Namun, adanya wabah pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan dampak yang besar pada berbagai bidang termasuk bidang perikanan. Hal tersebut menyebabkan bukan hanya minat beli masyrakat yang menurun, namun keterbatasan jalur distribusi produk juga menghambat transaksi jual-beli masyarakat. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan pelatihan dan pembinaan manajemen pemasaran produk-produk perikanan di TPI Sendang Biru berbasis media jual-beli online. Metode edukasi yang dilakukan adalah seminar dengan topik strategi pemasaran digital berbasis media sosial dan workshop berbasis toko online atau marketplace. Melalui program ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah awal dalam menghadapi tantangan-tantangan baru dalam penanggulangan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, serta dapat memperluas jejaring pemasaran para nelayan atau penjual ikan di wilayah tersebut bahkan hingga keadaan normal kembali. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-01-28 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/199 10.23917/abdigeomedisains.v1i2.199 Abdi Geomedisains; Vol. 1, No. 2, January 2021; 59-67 2746-1157 2746-1165 10.23917/abdigeomedisains.v1i2 eng https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/199/75 Copyright (c) 2021 Abdi Geomedisains https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0
spellingShingle pemasaran
marketplace
hasil perikanan
Covid-19
Aliviyanti, Dian
Semedi, Bambang
Yona, Defri
Asadi, Muhammad Arif
Kasitowati, Rarasrum Dyah
Dewi, Citra Satrya Utama
Lutfi, Oktiyas Muzaky
Isdianto, Andik
Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia
title Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia
title_full Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia
title_fullStr Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia
title_full_unstemmed Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia
title_short Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia
title_sort upaya penguatan manajemen pemasaran hasil perikanan berbasis media online di tpi sendangbiru kabupaten malang indonesia
topic pemasaran
marketplace
hasil perikanan
Covid-19
topic_facet pemasaran
marketplace
hasil perikanan
Covid-19
url https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/article/view/199
work_keys_str_mv AT aliviyantidian upayapenguatanmanajemenpemasaranhasilperikananberbasismediaonlineditpisendangbirukabupatenmalangindonesia
AT semedibambang upayapenguatanmanajemenpemasaranhasilperikananberbasismediaonlineditpisendangbirukabupatenmalangindonesia
AT yonadefri upayapenguatanmanajemenpemasaranhasilperikananberbasismediaonlineditpisendangbirukabupatenmalangindonesia
AT asadimuhammadarif upayapenguatanmanajemenpemasaranhasilperikananberbasismediaonlineditpisendangbirukabupatenmalangindonesia
AT kasitowatirarasrumdyah upayapenguatanmanajemenpemasaranhasilperikananberbasismediaonlineditpisendangbirukabupatenmalangindonesia
AT dewicitrasatryautama upayapenguatanmanajemenpemasaranhasilperikananberbasismediaonlineditpisendangbirukabupatenmalangindonesia
AT lutfioktiyasmuzaky upayapenguatanmanajemenpemasaranhasilperikananberbasismediaonlineditpisendangbirukabupatenmalangindonesia
AT isdiantoandik upayapenguatanmanajemenpemasaranhasilperikananberbasismediaonlineditpisendangbirukabupatenmalangindonesia