PEMANFAATAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI SISWA SEKOLAH DASAR : Use of Picture Story Books in Improving Knowledge of Dental Health in Elementary School Students

ABSTRAK Masalah kesehatan gigi dan mulut diderita lebih dari setengah penduduk Indonesia (57,6%). Angka prevalensi karies gigi terbesar terjadi pada anak usia 5-9 tahun (92,6%) Karies gigi pada anak dapat menimbulkan rasa nyeri, kesulitan mengunyah makanan, susah tidur, susah berkonsentrasi yang ber...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Kurniawati, Dwi, Imani, Cavita Nur, Pramudya W, Astrid, Maharani, Fairu Zahira, Pahlevi, Muhammad Farel, Clarissa, Aulia Belva, Mufidah, Adilah Nur, Wibowo, Anindya Prakasita, Maysari, Shafira Putri, Putri, Shafira Dinandia, Hakim, Ananda Rahman, Ramadania R, Gresya, Wulan, Bintang Kesowo
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhamamdiyah Surakarta 2023
Subjects:
Online Access:https://journals2.ums.ac.id/index.php/jpmmedika/article/view/1930
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:ABSTRAK Masalah kesehatan gigi dan mulut diderita lebih dari setengah penduduk Indonesia (57,6%). Angka prevalensi karies gigi terbesar terjadi pada anak usia 5-9 tahun (92,6%) Karies gigi pada anak dapat menimbulkan rasa nyeri, kesulitan mengunyah makanan, susah tidur, susah berkonsentrasi yang berdampak pada kualitas hidup anak.  Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian edukasi kesehatan gigi. Edukasi membutuhkan media dalam penyampaiannya. Salah satu media yang dapat digunakan adalah buku cerita bergambar. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa SD dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pemberian edukasi dilakukan pada 30 siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Edukasi dilakukan menggunakan media buku cerita bergambar. Buku berisi materi terkait menjaga kesehatan gigi dan mulut.  Dalam buku terdapat beberapa permainan sebagai evaluasi materi. Pengukuran pengetahuan dilakukan menggunakan kuesioner sebelum dan setelah pemberian edukasi. Hasil dari edukasi kesehatan gigi didapatkan 25 siswa (83,3%) mengalami peningkatan pengetahuan, 2 siswa (6,7%) mengalami penurunan  dan 3 siswa (10%) bernilai tetap. Kesimpulan : edukasi menggunakan buku cerita bergambar dapat dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak.   ABSTRACT Dental and oral health problems affect more than half of Indonesia's population (57.6%). The highest prevalence of dental caries occurs in children aged 5–9 years (92.6%). Dental caries in children can cause pain, difficulty chewing food, difficulty sleeping, and difficulty concentrating, which have an impact on children's quality of life. Prevention efforts can be done by providing dental health education. Education necessitates the use of media in its delivery. One of the media that can be used is a story book. The purpose of this community service is to increase the knowledge of elementary school students about maintaining oral health. Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Elementary School provided education for 30 grade 4 students. Education was carried out using storybooks as media. The book contains material related to maintaining oral health. In the book, there are several games used as material for evaluation. The measurement of knowledge is done before and after the provision of education. The results of education showed that 25 students (83.3%) experienced an increase in knowledge, 2 students (6.7%) experienced a decrease, and 3 students (10%) had a fixed value. Conclusion: Story books can be used as educational media because they can increase children's knowledge.