Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, bangsa Indonesia sudah mampu mengukir prestasi di kancah internasional, tidak ketinggalan bidang pendidikan, banyak pelajar Indonesia berhasil menjuarai olimpiade ditingkat dunia. Namun, tidak sedikit pula pelajar yang tidak punya tata krama,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Wardani, Meita Septiana, Nugroho, Nur Rahmah Irianti, Ulinuha, Muhammad Taufiq
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2019
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/9313
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340830545739776
author Wardani, Meita Septiana
Nugroho, Nur Rahmah Irianti
Ulinuha, Muhammad Taufiq
author_facet Wardani, Meita Septiana
Nugroho, Nur Rahmah Irianti
Ulinuha, Muhammad Taufiq
author_sort Wardani, Meita Septiana
collection OJS
description Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, bangsa Indonesia sudah mampu mengukir prestasi di kancah internasional, tidak ketinggalan bidang pendidikan, banyak pelajar Indonesia berhasil menjuarai olimpiade ditingkat dunia. Namun, tidak sedikit pula pelajar yang tidak punya tata krama, suka tawuran, minum minuman keras, kecanduan narkotika, dan hobi kebut-kebutan mengendarai sepeda motor di jalan raya. Kenyataan ini berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan nasional dimana pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, melalui Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, pemerintah lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan, telah teridentifikasi 18 nilai pembentuk karakter dan 5 karakter utama PPK yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Sejalan dengan hal tersebut Muhammadiyah melalui amal usaha yang mengelola lembaga pendidikan jauh sebelumnya sudah terlebih dahulu menggalakkan penguatan pendidikan karakter melalui tata krama dan akhlak serta peraturan untuk siswanya.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-9313
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2019
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-9313 Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Wardani, Meita Septiana Nugroho, Nur Rahmah Irianti Ulinuha, Muhammad Taufiq Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, bangsa Indonesia sudah mampu mengukir prestasi di kancah internasional, tidak ketinggalan bidang pendidikan, banyak pelajar Indonesia berhasil menjuarai olimpiade ditingkat dunia. Namun, tidak sedikit pula pelajar yang tidak punya tata krama, suka tawuran, minum minuman keras, kecanduan narkotika, dan hobi kebut-kebutan mengendarai sepeda motor di jalan raya. Kenyataan ini berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan nasional dimana pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, melalui Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, pemerintah lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan, telah teridentifikasi 18 nilai pembentuk karakter dan 5 karakter utama PPK yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Sejalan dengan hal tersebut Muhammadiyah melalui amal usaha yang mengelola lembaga pendidikan jauh sebelumnya sudah terlebih dahulu menggalakkan penguatan pendidikan karakter melalui tata krama dan akhlak serta peraturan untuk siswanya. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2019-07-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/9313 10.23917/blbs.v1i1.9313 asw; Vol. 1, No. 1, Juli 2019 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/9313/4946 Copyright (c) 2019 Buletin Literasi Budaya Sekolah
spellingShingle Wardani, Meita Septiana
Nugroho, Nur Rahmah Irianti
Ulinuha, Muhammad Taufiq
Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris
title Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris
title_full Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris
title_fullStr Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris
title_full_unstemmed Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris
title_short Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris
title_sort penguatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran bahasa inggris
url https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/9313
work_keys_str_mv AT wardanimeitaseptiana penguatanpendidikankarakterdalamprosespembelajaranbahasainggris
AT nugrohonurrahmahirianti penguatanpendidikankarakterdalamprosespembelajaranbahasainggris
AT ulinuhamuhammadtaufiq penguatanpendidikankarakterdalamprosespembelajaranbahasainggris