PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA
Pesantren merupakan sebuah kehidupan yang unik, sebagaimana dapat disimpulkan dalam kehidupan lahiriahnya. Pesantren adalah sebuah kompleks dengan lokasi yang umumnya terpisah dari kehidupan sekitarnya. Pesantren memiliki tradisi sejarah yang sangat panjang. Oleh karena itu situasi dan peranan lemba...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7638 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805337411219095552 |
---|---|
author | Sukardi, Imam |
author_facet | Sukardi, Imam |
author_sort | Sukardi, Imam |
collection | OJS |
description | Pesantren merupakan sebuah kehidupan yang unik, sebagaimana dapat disimpulkan dalam kehidupan lahiriahnya. Pesantren adalah sebuah kompleks dengan lokasi yang umumnya terpisah dari kehidupan sekitarnya. Pesantren memiliki tradisi sejarah yang sangat panjang. Oleh karena itu situasi dan peranan lembaga-lembaga pesantren dewasa ini harus dilihat dalam hubungannya dengan perkembangan Islam dalam jangka panjang, baik di Indonsia maupun di negara-negara Islam pada umumnya. Perkembangannya di Indonesia yang sedemikian ini masih terus berlangsung pesat, karena Indonesia merupakan tempat konsentrasi ummat Islam yang terbesar di dunia |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-7638 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2018 |
publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-7638 PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA Sukardi, Imam Pendidikan Agama Islam pesantren, tradisional, pendidikan Islam Pesantren merupakan sebuah kehidupan yang unik, sebagaimana dapat disimpulkan dalam kehidupan lahiriahnya. Pesantren adalah sebuah kompleks dengan lokasi yang umumnya terpisah dari kehidupan sekitarnya. Pesantren memiliki tradisi sejarah yang sangat panjang. Oleh karena itu situasi dan peranan lembaga-lembaga pesantren dewasa ini harus dilihat dalam hubungannya dengan perkembangan Islam dalam jangka panjang, baik di Indonsia maupun di negara-negara Islam pada umumnya. Perkembangannya di Indonesia yang sedemikian ini masih terus berlangsung pesat, karena Indonesia merupakan tempat konsentrasi ummat Islam yang terbesar di dunia Universitas Muhammadiyah Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta 2018-10-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7638 10.23917/suhuf.v30i2.7638 SUHUF; Vol 30, No 2 (2018): November; 133-143 2527-2934 0852-386X eng https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7638/4366 Copyright (c) 2019 Suhuf https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | Pendidikan Agama Islam pesantren, tradisional, pendidikan Islam Sukardi, Imam PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA |
title | PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA |
title_full | PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA |
title_fullStr | PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA |
title_full_unstemmed | PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA |
title_short | PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA |
title_sort | pesantren realitas pendidikan islam tradisional indonesia |
topic | Pendidikan Agama Islam pesantren, tradisional, pendidikan Islam |
topic_facet | Pendidikan Agama Islam pesantren, tradisional, pendidikan Islam |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7638 |
work_keys_str_mv | AT sukardiimam pesantrenrealitaspendidikanislamtradisionalindonesia |