PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA

Pesantren merupakan sebuah kehidupan yang unik, sebagaimana dapat disimpulkan dalam kehidupan lahiriahnya. Pesantren adalah sebuah kompleks dengan lokasi yang umumnya terpisah dari kehidupan sekitarnya. Pesantren memiliki tradisi sejarah yang sangat panjang. Oleh karena itu situasi dan peranan lemba...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sukardi, Imam
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2018
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7638
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805337411219095552
author Sukardi, Imam
author_facet Sukardi, Imam
author_sort Sukardi, Imam
collection OJS
description Pesantren merupakan sebuah kehidupan yang unik, sebagaimana dapat disimpulkan dalam kehidupan lahiriahnya. Pesantren adalah sebuah kompleks dengan lokasi yang umumnya terpisah dari kehidupan sekitarnya. Pesantren memiliki tradisi sejarah yang sangat panjang. Oleh karena itu situasi dan peranan lembaga-lembaga pesantren dewasa ini harus dilihat dalam hubungannya dengan perkembangan Islam dalam jangka panjang, baik di Indonsia maupun di negara-negara Islam pada umumnya. Perkembangannya di Indonesia yang sedemikian ini masih terus berlangsung pesat, karena Indonesia merupakan tempat konsentrasi ummat Islam yang terbesar di dunia
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-7638
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2018
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-7638 PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA Sukardi, Imam Pendidikan Agama Islam pesantren, tradisional, pendidikan Islam Pesantren merupakan sebuah kehidupan yang unik, sebagaimana dapat disimpulkan dalam kehidupan lahiriahnya. Pesantren adalah sebuah kompleks dengan lokasi yang umumnya terpisah dari kehidupan sekitarnya. Pesantren memiliki tradisi sejarah yang sangat panjang. Oleh karena itu situasi dan peranan lembaga-lembaga pesantren dewasa ini harus dilihat dalam hubungannya dengan perkembangan Islam dalam jangka panjang, baik di Indonsia maupun di negara-negara Islam pada umumnya. Perkembangannya di Indonesia yang sedemikian ini masih terus berlangsung pesat, karena Indonesia merupakan tempat konsentrasi ummat Islam yang terbesar di dunia Universitas Muhammadiyah Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta 2018-10-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7638 10.23917/suhuf.v30i2.7638 SUHUF; Vol 30, No 2 (2018): November; 133-143 2527-2934 0852-386X eng https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7638/4366 Copyright (c) 2019 Suhuf https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle Pendidikan Agama Islam
pesantren, tradisional, pendidikan Islam
Sukardi, Imam
PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA
title PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA
title_full PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA
title_fullStr PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA
title_full_unstemmed PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA
title_short PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA
title_sort pesantren realitas pendidikan islam tradisional indonesia
topic Pendidikan Agama Islam
pesantren, tradisional, pendidikan Islam
topic_facet Pendidikan Agama Islam
pesantren, tradisional, pendidikan Islam
url https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7638
work_keys_str_mv AT sukardiimam pesantrenrealitaspendidikanislamtradisionalindonesia