Pengembangan MedPAK: Media Pembelajaran Pendidikan Antikorupsi Berbasis Multimedia
Data menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun Indeks Persepsi Korupsi Indonesia terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa komitmen pemerintah yang direalisasikan melalui berbagai upaya dalam menangani masalah korupsi telah berada di jalur yang tepat walaupun belum optimal. Korupsi masih menjadi masala...
Saved in:
Main Authors: | , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | ind |
Published: |
Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/7172 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Data menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun Indeks Persepsi Korupsi Indonesia terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa komitmen pemerintah yang direalisasikan melalui berbagai upaya dalam menangani masalah korupsi telah berada di jalur yang tepat walaupun belum optimal. Korupsi masih menjadi masalah yang serius di Indonesia karena masih dapat dilakukan oleh siapa saja, terjadi di berbagai tempat, dan dalam berbagai jenis perkara dengan jumlah yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 Pasal 13 menyebutkan bahwa salah satu upaya pencegahan yang dapat dilaksanakan oleh KPK adalah menyelenggarakan program pendidikan antikorupsi pada setiap jenjang pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa dunia pendidikan penting dilibatkan dalam upaya pemberantasan korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Antikorupsi berbasis multimedia untuk tingkat perguruan tinggi yang disebut MedPAK. MedPAK dikembangkan dengan mengadopsi metode Research and Development. Hasil penilaian materi pada MedPAK menunjukkan rata-rata persentase 88% sedangkan hasil penilaian media adalah sebesar 84% di mana keduanya termasuk kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa MedPAK layak untuk digunakan. |
---|