Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK

Permasalahan pemilihan jurusan yang tepat banyak dirasakan oleh siswa yang baru lulus sekolah SMP. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah kebanyakan calon siswa merasa tidak mempunyai bakat dan tidak menguasai dalam beberapa materi pelajaran. Setiap orang pasti mempunyai bakat, seperti hal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Umar, Rusydi, Fadlil, Abdul, Az-Zahra, Rifqi Rahmatika
Format: UMS Journal (OJS)
Language:ind
Published: Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2018
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/7044
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805342471334395904
author Umar, Rusydi
Fadlil, Abdul
Az-Zahra, Rifqi Rahmatika
author_facet Umar, Rusydi
Fadlil, Abdul
Az-Zahra, Rifqi Rahmatika
author_sort Umar, Rusydi
collection OJS
description Permasalahan pemilihan jurusan yang tepat banyak dirasakan oleh siswa yang baru lulus sekolah SMP. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah kebanyakan calon siswa merasa tidak mempunyai bakat dan tidak menguasai dalam beberapa materi pelajaran. Setiap orang pasti mempunyai bakat, seperti halnya orang pintar dan kurang pintar pasti mempunyai bakat juga. Bakat dan minat yang dimiliki sangat diperlukan seseorang dalam proses belajar. Seseorang harus mampu menentukan bidang yang diminati untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Langkah yang tepat untuk mempermudah siswa memilih jurusan adalah dengan metode clustering. Clustering merupakan pembelajaran yang tidak terbimbing atau juga disebut dengan unsupervised learning. Pengelompokan dilakukan berdasarkan rekap data kuisioner yang telah dibagikan kepada calon siswa. Self Organizing Map (SOM) merupakan metode untuk membagi pola masukan ke dalam beberapa kelompok cluster. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan klastering/pengelompokan jurusan sekolah terhadap siswa yang mengalami kebingunan untuk memutuskan. Pengelompokan didasarkan pada skill, bakat, dan minat masing-masing siswa. Pengelompokan pada penelitian ini bermanfaat bagi siswa-siswi yang mengalami kesulitan untuk memutuskan jurusan sekolah yang dituju. Hasil dari perhitungan tersebut berupa cluster. Hasil pengelompokan dapat digunakan sebagai rekomendasi pada calon siswa sesuai dengan skill, bakat, dan minat yang dimiliki.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-7044
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language ind
publishDate 2018
publisher Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-7044 Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK Umar, Rusydi Fadlil, Abdul Az-Zahra, Rifqi Rahmatika clustering; self organizing map; jaringan syaraf tiruan. Permasalahan pemilihan jurusan yang tepat banyak dirasakan oleh siswa yang baru lulus sekolah SMP. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah kebanyakan calon siswa merasa tidak mempunyai bakat dan tidak menguasai dalam beberapa materi pelajaran. Setiap orang pasti mempunyai bakat, seperti halnya orang pintar dan kurang pintar pasti mempunyai bakat juga. Bakat dan minat yang dimiliki sangat diperlukan seseorang dalam proses belajar. Seseorang harus mampu menentukan bidang yang diminati untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Langkah yang tepat untuk mempermudah siswa memilih jurusan adalah dengan metode clustering. Clustering merupakan pembelajaran yang tidak terbimbing atau juga disebut dengan unsupervised learning. Pengelompokan dilakukan berdasarkan rekap data kuisioner yang telah dibagikan kepada calon siswa. Self Organizing Map (SOM) merupakan metode untuk membagi pola masukan ke dalam beberapa kelompok cluster. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan klastering/pengelompokan jurusan sekolah terhadap siswa yang mengalami kebingunan untuk memutuskan. Pengelompokan didasarkan pada skill, bakat, dan minat masing-masing siswa. Pengelompokan pada penelitian ini bermanfaat bagi siswa-siswi yang mengalami kesulitan untuk memutuskan jurusan sekolah yang dituju. Hasil dari perhitungan tersebut berupa cluster. Hasil pengelompokan dapat digunakan sebagai rekomendasi pada calon siswa sesuai dengan skill, bakat, dan minat yang dimiliki. Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2018-12-31 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/7044 10.23917/khif.v4i2.7044 Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika; Vol. 4 No. 2 Desember 2018; 131-137 Khazanah Informatika; Vol. 4 No. 2 Desember 2018; 131-137 2477-698X 2621-038X ind https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/7044/4429 Copyright (c) 2018 Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika http://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle clustering; self organizing map; jaringan syaraf tiruan.
Umar, Rusydi
Fadlil, Abdul
Az-Zahra, Rifqi Rahmatika
Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK
title Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK
title_full Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK
title_fullStr Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK
title_full_unstemmed Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK
title_short Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK
title_sort self organizing maps som untuk pengelompokkan jurusan di smk
topic clustering; self organizing map; jaringan syaraf tiruan.
topic_facet clustering; self organizing map; jaringan syaraf tiruan.
url https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/7044
work_keys_str_mv AT umarrusydi selforganizingmapssomuntukpengelompokkanjurusandismk
AT fadlilabdul selforganizingmapssomuntukpengelompokkanjurusandismk
AT azzahrarifqirahmatika selforganizingmapssomuntukpengelompokkanjurusandismk