Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK
Permasalahan pemilihan jurusan yang tepat banyak dirasakan oleh siswa yang baru lulus sekolah SMP. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah kebanyakan calon siswa merasa tidak mempunyai bakat dan tidak menguasai dalam beberapa materi pelajaran. Setiap orang pasti mempunyai bakat, seperti hal...
Saved in:
Main Authors: | , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | ind |
Published: |
Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/7044 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805342471334395904 |
---|---|
author | Umar, Rusydi Fadlil, Abdul Az-Zahra, Rifqi Rahmatika |
author_facet | Umar, Rusydi Fadlil, Abdul Az-Zahra, Rifqi Rahmatika |
author_sort | Umar, Rusydi |
collection | OJS |
description | Permasalahan pemilihan jurusan yang tepat banyak dirasakan oleh siswa yang baru lulus sekolah SMP. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah kebanyakan calon siswa merasa tidak mempunyai bakat dan tidak menguasai dalam beberapa materi pelajaran. Setiap orang pasti mempunyai bakat, seperti halnya orang pintar dan kurang pintar pasti mempunyai bakat juga. Bakat dan minat yang dimiliki sangat diperlukan seseorang dalam proses belajar. Seseorang harus mampu menentukan bidang yang diminati untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Langkah yang tepat untuk mempermudah siswa memilih jurusan adalah dengan metode clustering. Clustering merupakan pembelajaran yang tidak terbimbing atau juga disebut dengan unsupervised learning. Pengelompokan dilakukan berdasarkan rekap data kuisioner yang telah dibagikan kepada calon siswa. Self Organizing Map (SOM) merupakan metode untuk membagi pola masukan ke dalam beberapa kelompok cluster. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan klastering/pengelompokan jurusan sekolah terhadap siswa yang mengalami kebingunan untuk memutuskan. Pengelompokan didasarkan pada skill, bakat, dan minat masing-masing siswa. Pengelompokan pada penelitian ini bermanfaat bagi siswa-siswi yang mengalami kesulitan untuk memutuskan jurusan sekolah yang dituju. Hasil dari perhitungan tersebut berupa cluster. Hasil pengelompokan dapat digunakan sebagai rekomendasi pada calon siswa sesuai dengan skill, bakat, dan minat yang dimiliki. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-7044 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | ind |
publishDate | 2018 |
publisher | Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-7044 Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK Umar, Rusydi Fadlil, Abdul Az-Zahra, Rifqi Rahmatika clustering; self organizing map; jaringan syaraf tiruan. Permasalahan pemilihan jurusan yang tepat banyak dirasakan oleh siswa yang baru lulus sekolah SMP. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah kebanyakan calon siswa merasa tidak mempunyai bakat dan tidak menguasai dalam beberapa materi pelajaran. Setiap orang pasti mempunyai bakat, seperti halnya orang pintar dan kurang pintar pasti mempunyai bakat juga. Bakat dan minat yang dimiliki sangat diperlukan seseorang dalam proses belajar. Seseorang harus mampu menentukan bidang yang diminati untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Langkah yang tepat untuk mempermudah siswa memilih jurusan adalah dengan metode clustering. Clustering merupakan pembelajaran yang tidak terbimbing atau juga disebut dengan unsupervised learning. Pengelompokan dilakukan berdasarkan rekap data kuisioner yang telah dibagikan kepada calon siswa. Self Organizing Map (SOM) merupakan metode untuk membagi pola masukan ke dalam beberapa kelompok cluster. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan klastering/pengelompokan jurusan sekolah terhadap siswa yang mengalami kebingunan untuk memutuskan. Pengelompokan didasarkan pada skill, bakat, dan minat masing-masing siswa. Pengelompokan pada penelitian ini bermanfaat bagi siswa-siswi yang mengalami kesulitan untuk memutuskan jurusan sekolah yang dituju. Hasil dari perhitungan tersebut berupa cluster. Hasil pengelompokan dapat digunakan sebagai rekomendasi pada calon siswa sesuai dengan skill, bakat, dan minat yang dimiliki. Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2018-12-31 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/7044 10.23917/khif.v4i2.7044 Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika; Vol. 4 No. 2 Desember 2018; 131-137 Khazanah Informatika; Vol. 4 No. 2 Desember 2018; 131-137 2477-698X 2621-038X ind https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/7044/4429 Copyright (c) 2018 Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | clustering; self organizing map; jaringan syaraf tiruan. Umar, Rusydi Fadlil, Abdul Az-Zahra, Rifqi Rahmatika Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK |
title | Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK |
title_full | Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK |
title_fullStr | Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK |
title_full_unstemmed | Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK |
title_short | Self Organizing Maps(SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK |
title_sort | self organizing maps som untuk pengelompokkan jurusan di smk |
topic | clustering; self organizing map; jaringan syaraf tiruan. |
topic_facet | clustering; self organizing map; jaringan syaraf tiruan. |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/7044 |
work_keys_str_mv | AT umarrusydi selforganizingmapssomuntukpengelompokkanjurusandismk AT fadlilabdul selforganizingmapssomuntukpengelompokkanjurusandismk AT azzahrarifqirahmatika selforganizingmapssomuntukpengelompokkanjurusandismk |