Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa motor listrik dengan jenis BLDC (Brushless DC Motor) atau motor DC tanpa sikat yang di aplikasikan pada prototipe mobil listrik untuk mendapatkan tingkat efisiensi yang tinggi dengan kosumsi daya yang rendah. Mobil listrik tipe prototipe di gunaka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Jatmiko, Jatmiko, Basith, Abdul, Ulinuha, Agus, Muhlasin, Muhammad Afan, Khak, Ibnu Shokibul
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2018
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/emitor/article/view/6348
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340853398405120
author Jatmiko, Jatmiko
Basith, Abdul
Ulinuha, Agus
Muhlasin, Muhammad Afan
Khak, Ibnu Shokibul
author_facet Jatmiko, Jatmiko
Basith, Abdul
Ulinuha, Agus
Muhlasin, Muhammad Afan
Khak, Ibnu Shokibul
author_sort Jatmiko, Jatmiko
collection OJS
description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa motor listrik dengan jenis BLDC (Brushless DC Motor) atau motor DC tanpa sikat yang di aplikasikan pada prototipe mobil listrik untuk mendapatkan tingkat efisiensi yang tinggi dengan kosumsi daya yang rendah. Mobil listrik tipe prototipe di gunakan untuk kompetisi yang mengedepankan desain, transmisi serta konsumsi bahan bakar yang hemat. Pada penelitian ini di gunakan motor BLDC 350 watt sebagai penggerak utama. Motor akan di kendalikan melalui rangkaian inverter dengan sumber daya baterai berjenis lithium ion dengan kapasitas 48 volt 10 Ampere hour (Ah). Rangkaian inverter berguna untuk mengubah DC menjadi tegangan AC dengan pengaturan sudut penyulutan berupa hall sensor pada motor BLDC. Throttle berupa variabel resistor berbentuk pedal di gunakan untuk mengatur kecepatan motor. Instalasi komponen mobil listrik tipe prototipe terdiri dari pemasangan penggerak utama, aksesoris serta sistem keamanan. Pengujian di lakukan dengan mengukur daya yang di serap oleh motor serta kecepatan dan waktu tempuh pada saat mobil listrik prototipe bergerak. Pada penelitian ini di harapkan hasil pengujian dapat di analisa untuk mendapatkan kinerja mobil listrik dengan efisiensi tinggi yang hemat energi. Pada penelitian ini di hasilkan performa Motor BLDC akan maksimal dengan penggunaan transimi roda yang paling kecil pada saat motor keadaan starting dan keadaan running menggunakan gigi trasmisi paling tinggi. Pola kemudi dengan melepaskan thottel gas dalam keadaan maksimum akan menghasilkan tingkat keiritan daya yang tinggi dengan konsumsi daya paling rendah 6.64 Wh/Km di gigi transimisi 5. Hasil kecepatan rata-rata motor BLDC 350 W pada prototype mobil listrik 21 sampai 52 Km/h. Hasil dari penelitian di gunakan untuk perbaikan serta meningkatkan performa dalam pembuatan mobil listrik untuk kompetisi maupun komersial.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-6348
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2018
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-6348 Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil Jatmiko, Jatmiko Basith, Abdul Ulinuha, Agus Muhlasin, Muhammad Afan Khak, Ibnu Shokibul Bldc; Efisiensi; Mobil Listrik; Prototipe Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa motor listrik dengan jenis BLDC (Brushless DC Motor) atau motor DC tanpa sikat yang di aplikasikan pada prototipe mobil listrik untuk mendapatkan tingkat efisiensi yang tinggi dengan kosumsi daya yang rendah. Mobil listrik tipe prototipe di gunakan untuk kompetisi yang mengedepankan desain, transmisi serta konsumsi bahan bakar yang hemat. Pada penelitian ini di gunakan motor BLDC 350 watt sebagai penggerak utama. Motor akan di kendalikan melalui rangkaian inverter dengan sumber daya baterai berjenis lithium ion dengan kapasitas 48 volt 10 Ampere hour (Ah). Rangkaian inverter berguna untuk mengubah DC menjadi tegangan AC dengan pengaturan sudut penyulutan berupa hall sensor pada motor BLDC. Throttle berupa variabel resistor berbentuk pedal di gunakan untuk mengatur kecepatan motor. Instalasi komponen mobil listrik tipe prototipe terdiri dari pemasangan penggerak utama, aksesoris serta sistem keamanan. Pengujian di lakukan dengan mengukur daya yang di serap oleh motor serta kecepatan dan waktu tempuh pada saat mobil listrik prototipe bergerak. Pada penelitian ini di harapkan hasil pengujian dapat di analisa untuk mendapatkan kinerja mobil listrik dengan efisiensi tinggi yang hemat energi. Pada penelitian ini di hasilkan performa Motor BLDC akan maksimal dengan penggunaan transimi roda yang paling kecil pada saat motor keadaan starting dan keadaan running menggunakan gigi trasmisi paling tinggi. Pola kemudi dengan melepaskan thottel gas dalam keadaan maksimum akan menghasilkan tingkat keiritan daya yang tinggi dengan konsumsi daya paling rendah 6.64 Wh/Km di gigi transimisi 5. Hasil kecepatan rata-rata motor BLDC 350 W pada prototype mobil listrik 21 sampai 52 Km/h. Hasil dari penelitian di gunakan untuk perbaikan serta meningkatkan performa dalam pembuatan mobil listrik untuk kompetisi maupun komersial. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2018-09-28 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/emitor/article/view/6348 10.23917/emitor.v18i2.6348 Emitor: Jurnal Teknik Elektro; Vol 18, No 2: September 2018; 55-58 2541-4518 1411-8890 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/emitor/article/view/6348/4172 Copyright (c) 2018 Emitor: Jurnal Teknik Elektro
spellingShingle Bldc; Efisiensi; Mobil Listrik; Prototipe
Jatmiko, Jatmiko
Basith, Abdul
Ulinuha, Agus
Muhlasin, Muhammad Afan
Khak, Ibnu Shokibul
Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil
title Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil
title_full Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil
title_fullStr Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil
title_full_unstemmed Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil
title_short Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil
title_sort analisis peroforma dan konsumsi daya motor bldc 350 w pada prototipe mobil listrik ababil
topic Bldc; Efisiensi; Mobil Listrik; Prototipe
topic_facet Bldc; Efisiensi; Mobil Listrik; Prototipe
url https://journals.ums.ac.id/index.php/emitor/article/view/6348
work_keys_str_mv AT jatmikojatmiko analisisperoformadankonsumsidayamotorbldc350wpadaprototipemobillistrikababil
AT basithabdul analisisperoformadankonsumsidayamotorbldc350wpadaprototipemobillistrikababil
AT ulinuhaagus analisisperoformadankonsumsidayamotorbldc350wpadaprototipemobillistrikababil
AT muhlasinmuhammadafan analisisperoformadankonsumsidayamotorbldc350wpadaprototipemobillistrikababil
AT khakibnushokibul analisisperoformadankonsumsidayamotorbldc350wpadaprototipemobillistrikababil