Pengaruh Model Pembelajaran Siri' Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa
Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa pada mata pelajran bahasa Inggris materi descriptive paragraph materi Writing....
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/5374 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805338271996182528 |
---|---|
author | Muhsin, Arief |
author_facet | Muhsin, Arief |
author_sort | Muhsin, Arief |
collection | OJS |
description | Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa pada mata pelajran bahasa Inggris materi descriptive paragraph materi Writing. Tujuan khusus penelitian ini adalah; a) Untuk menganalisis data hasil belajar siswa, b) Untuk menganalisis motivasi dan komitmen siswa pada mata pelajran bahasa Inggris materi descriptive paragraph materi Writing, c) Sebagai dasar model budaya untuk mengembangkan model pembelajran lain berbasis local value. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang memungkinkan dilakukannya pencatatan dan analisa data hasil penelitian secara eksak dan menganalisis data menggunakan perhitungan statistik. Oleh karena itu pendekatan kuantitatif banyak dituntut menggunakan angka, mulai pengumpulan data, penafsiran terhadap data serta penampilan hasilnya. Penelitian ini menggunakan eksperimen quasi dengan Disain kelompok kontrol yang non-ekuivalen (Nonequivalent Control Group Design).Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) Hasil belajar bahasa Inggris siswa dalam menulis paragraf deskriktif yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Siri, Na Pacce berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 70,04 dan standar deviasi 22,18 dari skor ideal 100. (2) Hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan pengajaran langsung berada dalam kategori rendah dengan rata-rata 38,23 dan standar deviasi 26,53 dari skor ideal 100. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-5374 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2018 |
publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-5374 Pengaruh Model Pembelajaran Siri' Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa Muhsin, Arief Pendidikan bahasa Inggris Bahasa Inggris, Deskriktif, dan Siri’ Na Pacce Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa pada mata pelajran bahasa Inggris materi descriptive paragraph materi Writing. Tujuan khusus penelitian ini adalah; a) Untuk menganalisis data hasil belajar siswa, b) Untuk menganalisis motivasi dan komitmen siswa pada mata pelajran bahasa Inggris materi descriptive paragraph materi Writing, c) Sebagai dasar model budaya untuk mengembangkan model pembelajran lain berbasis local value. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang memungkinkan dilakukannya pencatatan dan analisa data hasil penelitian secara eksak dan menganalisis data menggunakan perhitungan statistik. Oleh karena itu pendekatan kuantitatif banyak dituntut menggunakan angka, mulai pengumpulan data, penafsiran terhadap data serta penampilan hasilnya. Penelitian ini menggunakan eksperimen quasi dengan Disain kelompok kontrol yang non-ekuivalen (Nonequivalent Control Group Design).Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) Hasil belajar bahasa Inggris siswa dalam menulis paragraf deskriktif yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Siri, Na Pacce berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 70,04 dan standar deviasi 22,18 dari skor ideal 100. (2) Hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan pengajaran langsung berada dalam kategori rendah dengan rata-rata 38,23 dan standar deviasi 26,53 dari skor ideal 100. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2018-02-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion Experimental application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/5374 10.23917/humaniora.v19i1.5374 Jurnal Penelitian Humaniora; Vol 19, No 1: Februari 2018; 36-48 2541-4496 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/5374/3880 Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Humaniora http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | Pendidikan bahasa Inggris Bahasa Inggris, Deskriktif, dan Siri’ Na Pacce Muhsin, Arief Pengaruh Model Pembelajaran Siri' Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa |
title | Pengaruh Model Pembelajaran Siri' Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa |
title_full | Pengaruh Model Pembelajaran Siri' Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa |
title_fullStr | Pengaruh Model Pembelajaran Siri' Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa |
title_full_unstemmed | Pengaruh Model Pembelajaran Siri' Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa |
title_short | Pengaruh Model Pembelajaran Siri' Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa |
title_sort | pengaruh model pembelajaran siri na paccei terhadap kempuan membuat paragraf deskriptif dalam pembelajaran bahasa inggris di smp negeri 3 sungguminasa |
topic | Pendidikan bahasa Inggris Bahasa Inggris, Deskriktif, dan Siri’ Na Pacce |
topic_facet | Pendidikan bahasa Inggris Bahasa Inggris, Deskriktif, dan Siri’ Na Pacce |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/5374 |
work_keys_str_mv | AT muhsinarief pengaruhmodelpembelajaransirinapacceiterhadapkempuanmembuatparagrafdeskriptifdalampembelajaranbahasainggrisdismpnegeri3sungguminasa |